10 Orang Yang Menghilang Secara Misterius

Sebenarnya ada ribuan orang yang menghilang secara misterius tidak diketahui keberadaanya, baik itu korban penculikan, kabur dari rumah, pembunuhan ataupun akibat kecelakaan yang mereka alami. Walaupun begitu ada beberapa kejadian menghilangnya orang-orang secara misterius yang hingga kini belum terungkap dan menjadi pusat perhatian publik selama bertahun-tahun, berikut ini adalah kasus menghilangnya 10 orang secara misterius yang terkenal.

1. Amelia Earhart, 1937

Amelia-Earhart

Ini adalah kasus menghilangnya seseorang yang paling terkenal sepanjang masa, apa yang terjadi pada penerbang wanita berusia 39 tahun dan navigatornya, Fred Noonan menjadi sumber dari banyak spekulasi hingga kini. Pada saat itu ia tengah dalam misi mengelilingi dunia dari New Guinea menuju sebuah pulau kecil yang bernama pulau Howlands namun sejak itu ia tidak pernah terdengar lagi. Penjelasan yang logis adalah mereka tersesat dan kehabisan bahan bakar yang memaksanya untuk mendarat di laut yang mungkin fatal buat pesawat Lockheed bermesin ganda yang ia kemudikan. Ada yang mengklaim bahwa Amelia Earhart ditangkap oleh Jepang saat melintasi kepulauan Marshal dalam sebuah misi mata-mata rahasia yang diberikan oleh presiden Roosevelt kepadanya, Ada teori yang menyebutkan bahwa ia terdampar disebuah pulau kecil ditengah samudra pasifik, ada juga yang menyebutkan bahwa hingga tahun 1970an ia masih hidup setelah entah bagaimana caranya ia berhasil menemukan cara untuk kembali pulang ke Amerika dan hidup dengan nama samaran. Walau bagaimanapun hingga kini tidak ditemukan rangka pesawat dan tulang belulang Amelia Earhart hingga kini.

2. Harold Holt, 1967

Harold-Holt

Harold Holt adalah Perdana Mentri Australia, dan sangat jarang terjadi seorang kepala pemerintahan sebuah negara menghilang secara misterius. Di sebuah pagi hari minggu di bulan Desember 1967 sang Perdana Menteri pergi berenang dan sejak itu ia tidak terlihat lagi. Pencarian besar-besaran dilakukan dan merupakan operasi pencarian dan penyelamatan terbesar yang pernah dilakukan di Australia namun tubuhnya hingga kini tidak diketemukan.

Banyak rumor seputar hilangnya sang Perdana Menteri secara misterius, diantaranya ada yang mengklaim Harold Holt memalsukan kematiannya untuk melarikan diri hidup bersama istri simpanannya, ada yang mengatakan ia bunuh diri, dan termasuk menghubungkannya dengan kisah urban legend, selain itu ada yang menyebut ia diculik oleh kapal selam china, bahkan ada yang menyebut ia telah diculik oleh Alien diangkut oleh pesawat UFO.

Walau bagaimanapun Harold Holt yang saat itu berusia 59 tahun berada dalam kondisi kesehatan yang sangat bagus, mungkin saja ia hanyut oleh arus kuat dan berbahaya yang terkenal di pantai tersebut, namun tetap saja hingga kini menghilangnya Harold Holt tetap menjadi misteri.

3. John Cabot, 1499

John-Cabot

John Cabot adalah seorang penjelajah asal Italia dan ia adalah orang eropa kedua yang menjejakkan kakinya di Amerika Utara pada tahun 1497. Cabot menghilang bersama 5 kapal yang menyertai ekspedisinya dalam menemukan rute barat dari Eropa menuju ke Asia, Hal tersebut terjadi pada tahun 1499 dimana pada masa itu tidak ada yang namanya tim penyelamat pantai dan GPS yang dapat membantu mereka keluar dari situasi yang berbahaya. Hal yang tidak biasa adalah tidak ada satu dari ke-5 kapal tersebut terdengar lagi kabarnya. Kemungkinan besar ke-5 kapal tersebut terjebak badai dan kapal pada masa itu terbuat dari kayu lalu hancur berkeping-keping.

4. Raoul Wallenberg , 1945

Raoul-Wallenberg

Mungkin banyak yang tidak mengenal nama Raoul Wallenberg, namun nama ini sangat populer di Swedia, dia adalah seorang diplomat Swedia yang terkenal karena keberaniannya telah menyelamatkan sekitar 20.000 Yahudi Hongaria saat perang dunia ke-2. Namun ia ditangkap atas tuduhan Spionase oleh tentara Uni Sovyet di Hongaria usai perang dunia ke-2 dan sejak itu nasib keberadaannya menjadi misteri walaupun ada ratusan penampakan dirinya oleh berbagai saksi mata di penjara Uni Sovyet dan beberapa penampakan terakhir dilaporkan pada era akhir tahun 80an.

Di tahun 2001 setelah melakukan penelitian selama 10 tahun tim panel peneliti Swedia dan Rusia menyimpulkan bahwa kemungkinan besar Wallenberg meninggal (Akibat dieksekusi oleh tentara Uni Sovyet) di tahun 1947 namun sampai saat ini tidak ada bukti yang kuat untuk mendukung kesimpulan tersebut.

5. Hakim Joseph Force Crater, 1930

Judge-Joseph-Force-Crater

Walaupun ia tidak begitu terkenal dimasa sekarang namun pada masanya saat sang hakim yang kala itu bertugas untuk pengadilan tinggi New York yang menghilang bersama kekasihnya Sally Lou Ritz saat itu menjadi sensasi pemberitaan dan pencarian orang hilang terbesar diabad ke-20. Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa sang hakim memiliki masalah dengan mafia, dan hal itu bukan merupakan hal yang aneh sebab pada masa itu banyak hakim yang memiliki hubungan dengan para penjahat terorganisir. Ada juga yang menyebutkan bahwa sang hakim sengaja mengasingkan diri bersama kekasihnya memulai hidup baru ditempat yang baru. Walau bagaimanapun sang hakim dan kekasihnya yang menghilang tersebut tetap menjadi misteri setelah 80 tahun lebih menghilangnya mereka.

6. Charles Nungesser dan Francois Coli, 1927

Charles-Nungesser-and-Francois-Coli

Di tahun 1927 adalah tahun-tahun dimana terjadi booming dalam hal penerbangan dan tak ada yang lebih hebat daripada sebuah kejuaraan melintasi selat Atlantic dari Paris menuju New York. Di satu sisi hampir selusin penerbang berlomba untuk memperebutkan juara pertama sebagai manusia tercepat yang melintasi samudra atlantik namun sebagian besar banyak yang harus mengundurkan diri ditengah lomba akibat masalah pada mesin mereka yang hanya menyisakan beberapa petarung sejati melintasi samudra atlantik. Tentu kita tahu bahwa Charles Lindenbergh yang berhasil keluar sebagai pemenang sejati, namun ia sebenarnya nyaris gagal jika saja sepasang penerbang dari Prancis yakni Charles Nungesser dan navigatornya Francois Coli tidak menghilang disuatu tempat di samudra atlantik. Dan sejak itu mereka tidak pernah terdengar lagi, kemungkinan besar mereka jatuh kedalam samudra atlantik walau ada yang menyatakan bahwa mereka berhasil memasuki daratan Amerika hingga ke daerah New Foundland atau Maine, lalu jatuh di kawasan hutan luas yang sangat jarang penduduknya dikawasan tersebut. Meskipun demikian hingga kini pesawat mereka yang bernama White Bird tidak diketemukan sisa puing-puingnya.

7. Glenn Miller, 1944

Glenn-Miller

Glenn Miller adalah seorang pemusik dan pimpinan sebuah band Jazz dari Amerika yang terkenal, ia dilaporkan menghilang secara misterius saat ia menuju Prancis dari Inggris untuk merayakan bebasnya kota Paris dari cengkeraman Jerman. Hanya sedikit yang mengetahui hal ini pada masa itu sebab pada hari itu juga Jerman melancarkan serangan ofensif besar-besaran dan yang terakhir yang pernah dilakukan Jerman di masa perang dunia kedua terhadap pihak sekutu yang terkenal dengan nama pertempuran Bulge, yang menghiasi pemberitaan media massa di eropa.

Tidak diketahui apa yang terjadi pada pesawat bermesin single yang dikenderai oleh Miller saat melintasi Selat Channel yang memisahkan Inggris dan Prancis dan tidak ada jejak dari Miller atau pesawatnya yang berhasil ditemukan. Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa pesawat fighter Jerman berhasil menembak jatuh pesawatnya atau pesawatnya terkena percikan ledakan dari bom yang dijatuhkan oleh pesawat pembom inggris dalam perjalanan mereka kembali pulang usai misi pemboman yang dibatalkan (pesawat pembom tidak dapat mendarat dengan bom yang tidak mereka lepaskan dalam misi pemboman dan untuk membuang kelebihan beban pesawat pembom pada masa itu biasanya melepaskan bom mereka dilaut sebelum mereka bisa mendarat). Apapun penyebabnya namun hingga kini menghilangnya Miller tetap menjadi sebuah misteri.

8. DB Cooper, 1971

D.B.-Cooper

Dapat dianggap sebagai sebuah kasus yang cukup unik dan aneh dalam sejarah penerbangan dan tindakan kriminal. Seorang yang menyebutkan namanya sebagai DB Cooper membajak sebuah pesawat Boeing 727 diatas Washington DC dan setelah mendapatkan uang tebusan senilai 200.000 dollar US dari pihak berwenang, ia melompat dari pesawat tersebut di ketinggian 10.000 kaki dan sejak itu ia tidak terdengar lagi. Berbagai macam skenario dan dugaan tentang siapa dan apa yang terjadi pada dirinya sesudah peristiwa melompatnya ia terjun dari pesawat tersebut dikemukakan, hingga tahun 1980 misteri tentang sang pembajak tak terkuat hingga akhirnya seorang bocah yang tengah bermain ditepi sungai Columbia menemukan tumpukan uang dollar yang tertimbun lumpur dimana orang beranggapan bahwa mungkin DB Cooper tewas dalam aksi terjunnya itu, namun hanya sebagian kecil dari uang tebusan tersebut yang ditemukan yakni 5000 dollar saja, sisanya beserta sang DB Cooper tetap menjadi misteri hingga kini.

9. Percy Fawcett, 1925

Percy-Fawcett

Percy adalah seorang Arkeolog dan penjelajah dimana pada tahun 1925 ia beserta anak tertuanya Jack dan temannya Raleigh Rimmel menjelajahi hutan Amazon di Brasil untuk mencari Kota Emas yang tersembunyi.

Siapa yang bisa membayangkan nasib mereka jika terjadi sesuatu yang salah seperti pada orang-orang yang memasuki hutan perawan Amazon dimana sejak itu kelompok kecil petualang tersebut tidak terdengar kabar maupun nasibnya hingga kini. Ada beberapa kabar penampakan dari Percy Fawcett pada masa itu dan juga laporan-laporan yang saling kontradiksi serta berbagai teori yang menjelaskan menghilangnya sang arkeolog.

10. Jimmy Hoffa, 1975

Jimmy-Hoffa

Ia seorang tokoh serikat buruh yang terkenal di Amerika dan memiliki hubungan cukup dekat dengan Mafia, ia diperkirakan menghilang pada tanggal 30 July 1975 sekitar pukul 2:45 sore di sebuah tempat parkir dari sebuah restoran bernama Machus red fox dekat Detroit. Sebenarnya hal tersebut tidaklah mengejutkan terlebih jika anda adalah anggota keluarga mafia. Kemungkinan besar ia dihabisi oleh hitman dari sebuah keluarga mafia saingannya, namun yang menjadi misteri adalah dimanakah mereka menguburkan tubuh Jimmy Hoffa, salah satu teori yang populer menyebutkan bahwa tubuhnya dimakamkan di lapangan Giant Stadium di New Jersey.