10 Penemuan Yang Terinspirasi oleh Fiksi Ilmiah

Banyak diantara peralatan yang kita gunakan saat ini terinspirasi oleh karya seni baik itu novel, maupun film fiksi ilmiah, seperti ponsel dan helikopter yang terinspirasi dari Star Trek dan war of the worlds. Berikut ini adalah 10 penemuan yang terinspirasi dari karya fiksi ilmiah.

1. Kapal Selam

kapal-selam

Simon Lake adalah seorang pencipta/penemu berkebangsaan Amerika yang dianggap sebagai bapak dari kapal selam modern. Simon lake awalnya terpikat oleh ide perjalanan dibawah laut sejak ia membaca buku karya Jules Verne “Twenty Thousand leagues under the sea” pada tahun 1870.Inovasi dari Lake termasuk tangki pemberat, kompartemen serta periskop. Perusahaannya membuat Argonaut, kapal selam pertama yang berhasil sukses dalam pengoperasian dilautan terbuka, Pada tahun 1898 ia mendapatkan ucapan selamat dari Verne yang hasil karyanya menjadi telah memberi inspirasi Lake.

2. Helikopter

igor-sikorsky-helicopter

Jika Jules Verne mungkin terkenal akan karya fiksinya tentang kapal selam yang bernma “Nautilus”, Igor Sikorsky si penemu helikopter modern menyatakan bahwa dirinya terinspirasi dari sang penulis asal Prancis tersebut, ia terinspirasi dari buku Julius Verne lainnya “Clipper of the clouds” yang pmenginspirasikan Igor Sikorsky untuk membuat helikopter yang sering ia baca saat ia masih remaja.Sikorsky bahkan sering mengutip perkataan Verne yang menyatakan :”apapun yang dapat dibayangkan oleh seseorang, maka orang lain dapat mewujudkannya”

3. Roket

roket

Robert F Goddard yang merukan seorang ilmuwan berhasil membuat roket berbahan bakar cair pertama. tanggal Pada awalnya  Ia terpesona dan tertarik dengan hal penerbangan luar angkasa setelah membaca serial di sebuah surat kabar pada tahun 1898 mengenai invasi dari Mars, yang dikarang H.G Wells. Kemudian Goodard menyatakan bahwa konsep penerbangan antar planet sangan menggoda dan mencengkram imajinasinya.

4. Tenaga Atom

atomic-power

pada tahun 1914 H.G Well menerbitkan novel “the world set Free” membayangkan munculnya energi buatan atom di tahun 1933. diikuti oleh perang dunia yang mengancurkan, hingga akhirnya terbentuk pemerintahan global yang damai. Seorang ahli Fisika Leo Szilard membaca buku tersebut pada tahun 1932 yang memberinya inspirasi dalam menyelesaikan masalah dalam menciptakan reaksi berantai nuklir ditahun 1933. Buku yang sama pula dipakai oleh Szilard untuk pengawasan senjata, penggunaannya, dan penggunaan tenaga nuklir setelah perang dunia ke-2.

5. Pusat Informasi Tempur (Combat information Centre)

Combat-Information

pada tahun 1930an -1940an EE doc Smith memuaskan para pembacanya dengan judul “Lens Men” yang mengisahkan tentang petualangan futuristik dari kapal patroli galaktik. Dalam sebuah surat di tahun 1947 editor Sci-fi James W Campbell memberitahu Smith bahwa Directix (Sebuah kapal komando yang ditampilkan dalam serial tersebut) telah mengilhami para perwira angkatan laut AS untuk memperkenalkan konsep Pusat Informasi tempur diseluruh kapal perang AS.

6. The Waldo

Inventions-Waldo

Pada tahun 1942 seorang penulis Sci-fi terkenal Robert Heinlein menerbitkan sebuah cerita pendek tentang seorang penemu yang memiliki fisik lemah yang bernama Waldo F Jones yang menciptakan tangan mekanik yang dapat dioperasikan dari jarak jauh. Pada pertengahan tahun 1940an Amerika menciptakan lengan mekanik untuk industri nuklir mereka dan diberi nama “Waldo” sebagai penghormatan atas ide Robert Heinlein.

7. Ponsel

startrek-Cellphone

Martin Cooper selaku Direktur pengembangan dan penelitian Motorola memberi kredit kepada film Star Trek dimana Star Trek komunikator sebagai inspirasi untuk desain ponsel pertama diawal tahun 70an. “Bagi kami hal tersebut bukanlah Fantasy” ujar Cooper , “Namun suatu tujuan”

8. TASER (Pistol kejut listrik)

taser

Salah satu karakter paling terkenal dalam dunia sastra diawal abad ke-20 adalah Tom Swift yang digambarkan sebagai seorang penemu yang jenius, tokoh utama dalam buku seri fiksi ilmiah untuk remaja. Fisikawan NASA, Jack Cooper sebagai penemu TASER adalah fan tokoh tersebut, itu sebabnya ia memberi nama alat temuannya sebagai TASER dedikasinya untuk Tom Swift atas temuan fiksinya Taser. TASER bermakna Thomas A Swift Electric Riffle.

9. Quicktime

startrek-Quicktime

Ilmuwan dari Perusahaan Apple, Steve Perlman menyatakan bahwa ia mendapatkan ide untuk terobosan di bidang multimedia yakni program multimedia milik Apple yakni Quicktime setelah menonton sebuah episode dari fim Star Trek-The Next Generation dimana salah satu karakter film seri tersebut tengah mendengarkan musik yang beragam dikomputernya.

10. Second Life

second-life

Anda pernah bermain game online ini? ya saya pernah, kita seperti berinteraksi dengan orang lain seperti dikehidupan nyata, bahkan memiliki kurs mata uang tersendiri bernama Linden, yang bisa dipakai untuk shopping, berganti avatar dsb.

Ditahun 1992 seorang pengarang bernama Neal Stevenson menerbitkan novel berjudul Snow Crash yang menggambarkan sepenuhnya kehidupan online dimana orang berinteraksi satu sama lain melalui media yang mewakili orang-orang tersebut yang bernama “avatar”.
Phillip Rosedale penemu dari komuniti online yang pernah sangat populer mengaku bahwa sejak kuliah ia telah bermain-main dengan ide dunia virtual namun ia memberikan kredit pujian kepada novel Snow Crash yang melukiskan apa yang Phillip Rosedale katakan sebagai gambaran menarik dari apa yang seharusnya terlihat dari dunia maya dimasa mendatang, dan ia menytakan bahwa hal tersebut sangat menginspirasi dirinya.