10 Penyebab Kelelahan Kronis Yang Perlu Diketahui

Kelelahan adalah suatu situasi berkurangnya atau tidak adanya energi pada tubuh, sehingga berpengaruh terhadap kemampuan kehidupan seorang dan dapat menyebabkan gangguan mental. Tanda-tanda dari kelelahan adalah perasaan lemah, letih, lelah yang ekstrim, dan ada juga suatu penyebab psikologis dan emosional. Kelelahan akut biasanya mempunyai gejala yang terjadi secara cepat dan berakhir dengan cepat pula. Gejala kelelahan kronis biasanya terjadi dalam jangka waktu yang lama. berikut ini 10 penyebab kelelahan kronis yang perlu anda ketahui :

1. Kurang tidur

Jatah tidur yang berkurang akan menyebabkan rasa lelah sepanjang hari. Sebab Anda tidak memberi kesempatan pada tubuh untuk beristirahat selama 6-8 jam dalam sehari. kurang tidur membuat hormon kortisol meningkat tajam. Ini adalah hormon yang menyebabkan kita mengenal bagaimana tidak enaknya stres. Peningkatan kortisol terjadi mulai dari sore hingga malam hari yang membuat detak jantung kita meningkat, tekanan darah meningkat, dan gula dalam darah meningkat.

2. Penyakit

Salah satu penyebab kelelahan yang paling umum adalah gaya hidup yang terlalu sibuk. Seperti bekerja lembur hampir setiap hari dan harus melakukan perjalanan panjang. Aktivitas padat tersebut pun membuat tubuh terasa sangat lelah.

3. Gaya Hidup

Salah satu penyebab kelelahan yang paling umum adalah gaya hidup yang terlalu sibuk dan tidak mengkonsumsi nutrisi yang cukup. Seperti bekerja lembur hampir setiap hari dan harus melakukan perjalanan panjang yang tanpa di tunjang nutrisi yang mencukupi aktivitas padat tersebut pun membuat tubuh terasa sangat lelah.

4. Alasan psikologis

Selain masalah fisik, psikologis juga bisa membuat tubuh selalu terasa lelah. Contohnya adalah depresi dan stres yang memang mempengaruhi kondisi tubuh Anda.

5. Makanan

Sudahkah Anda memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari? Jika belum, mungkin hal itu yang menyebabkan Anda selalu kelelahan setiap hari.

6. Masalah metabolisme

Urusan pencernaan, penyakit ginjal, dan masalah metabolisme lain adalah penyebab kelelahan yang mungkin belum Anda ketahui. Jika benar masalah ini penyebab rasa lelah yang Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

7. Obesitas

Penderita obesitas cenderung lebih cepat lelah daripada orang-orang yang tubuhnya langsing. Jadi, berat badan Anda pun bisa saja menjadi penyebab kelelahan yang Anda alami.

8. Tidak teraturnya kegiatan sehari-hari.

Aktivitas yang tidak diatur dengan baik dapat membuat kita harus menggunakan energi lebih pada saat menumpuknya aktivitas dan membuat kita hanya diam di saat aktivitas tidak ada aktivitas ini juga dapat menyebabkan kita menderita kelelahan akut.

9. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein

Mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, jika dikonsumsi dalam jumlah normal. Kafein jadi masalah jika diasup terlalu banyak karena akan meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan memicu rasa gugup. Riset juga menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein membuat peminumnya merasa sangat lelah.

10. Dehidrasi

bisa jadi disebabkan dehidrasi. Apa pun jenis pekerjaan Anda, tubuh butuh air untuk menjaganya bisa bekerja normal. Merasa haus? Berarti dehidrasi sudah melanda.