4 Bendera Negara yang Mirip dengan Bendera Indonesia

Bukan hanya Indonesia yang menggunakan warna merah-putih sebagai simbol bendera negara, ternyata ada banyak juga menggunakan warna yang menyimbolkan keberanian dan kesucian bagi rakyat Indonesia ini.

Berikut adalah 4 Bendera negara yang Mirip dengan Bendera Indonesia

1. Bendera Polandia

Bendera yang diperkenalkan pada 1919 ini hampir sama dengan bendera Indonesia hanya saja posisinya yang terbalik.

2. Bendera Singapura

Bendera ini diperkenalkan pada 3 Desember 1959 sewaktu pelantikan Yang di-Pertuan Negara yang pertama, Encik Yusof bin Ishak. Diciptakan oleh sebuah komite yang diketuai oleh Wakil Perdana Menteri pada masa itu, Dr. Toh Chin Chye. Bendera ini menggantikan bendera Union Jack yang telah berkibar di Singapura selama 140 tahun (1819-1959) dan hingga kini digunakan sejak Singapura merdeka dari Malaysia pada 9 Agustus 1965.

Bendera Singapura mirip bendera Indonesia, hanya saja pada bagian warna merah ada bulan sabit dan 5 bintang yang disusun bundar. Setiap ciri yang ada pada bendera tersebut mempunyai makna yang tersendiri.

3. Bendera Monako

Serupa dengan Bendera Indonesia, Bendera Monako terdiri atas 2 warna, Merah (di atas) dan Putih (di bawah). Perbedaan bendera Monako dan Indonesia ada pada ukuran atau perbandingan antara panjang dan lebarnya.

Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas keluarga Grimaldi (Keluarga Penguasa Monako) paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yang berubah-ubah.

4. Bendera Malta

Bendera Malta diadopsi pada tanggal 21 September 1964. Bendera ini merupakan bendera dwiwarna (dua warna) vertikal putih dan merah dengan sebuah Salib George di kiri atas yang diberikan oleh Raja George VI kepada seluruh rakyat Malta karena jasa-jasa mereka dalam Perang Dunia II. Bendera Malta ini unik karena merupakan satu-satunya bendera di dunia yang memasang tanda jasa dari negara lain di bendera mereka.