5 Kisah Pelarian Diri Paling Terkenal di Dunia

Kabur dari penjara bukan bukan hanya ada film seri Prison Break. beberapa pelarian diri dari penjara berikut merupakan sebuah kisah yang nyata. bahkan ada beberapa kisah ini yang menjadi inspirasi dalam pembuatan sebuah film

5 Kisah Pelarian Diri Paling Terkenal di Dunia

1. The Great Escape

Untuk sebuah perencanaan beserta dengan resikonya, tidak ada yang jauh lebih kompleks daripada pelarian 76 tentara Sekutu pada tahun 1944 dari sebuah penjara jerman selama perang dunia II yang bernama Stalag Luft III.

Cara mereka melarikan diri yaitu dengan menggali tiga terowongan 30 kaki di bawah permukaan penjara dengan rencana melewati pagar utama kemudian muncul ke permukaan di dekat hutan. Hal ini tentunya membutuhkan proses konstruksi yang canggih dan membutuhkan blok kayu untuk dukungan, serangkaian lampu, serta sebuah pompa untuk memastikan para serdadu penggali masih bisa bernapas.

Setelah berhasil mengumpulkan koleksi pakaian sipil dan paspor, pada tanggal 24 Maret 1944 mereka akhirnya melarikan diri. Namun sayangnya, di salah satu terowongan itu muncul para penjaga Nazi. 76 orang masih akhirnya berhasil melarikan diri, tetapi buronan yang ke 77 tidak berhasil, dia melihat terowongan tersebut ditutup oleh penjaga. Kisah pelarian diri ini menjadi sumber inspirasi sebuah film “Great Escape”

2. Pascal Payet’s Helicopter Escapes

Banyak penjara di Eropa telah memiliki pusat pelatihan heli di atap mereka. Seorang kriminal asal Perancis, Pascal Payet berhasil mengambil keuntungannya. Payet dipenjara karena kasus pembunuhan yang terjadi pada perampokan, dia dihukum tiga puluh tahun di penjara Luynes, Perancis.

Pada tahun 2001, dia berhasil melarikan diri dengan bantuan seorang  yang membajak helikopter dan menjemputnya dari atap penjara tersebut.

Dua tahun kemudian Payet kembali lagi ke penjara tersebut dengan helikopter lain untuk membantu tiga tahanan lain melarikan diri, tetapi akhirnya payet dan ketiga tahanan tersebut berhasil ditangkap kembali. ia diberi hukuman tujuh tahun penjara atas perannya dalam pelarian dari penjara.

Hebatnya lagi, pada tahun 2007 Payet berhasil lagi melarikan diri melalui helikopter, namun kali ini dari penjara di tenggara Perancis Grasse. Dia dijemput dari atap oleh empat orang bertopeng yang telah membajak sebuah helikopter dari bandara terdekat dengan mengancam untuk membunuh pilot. Payet dan antek-anteknya menghilang tanpa jejak Setelah mendarat di dekat Laut Tengah.

3. Dieter Dengler’s Prison Camp Escape

Dengler adalah seorang pilot Angkatan Laut Amerika yang terkenal karena berhasil melarikan diri dari kamp penjara selama Perang Vietnam dari sebuah penjara di hutan.

Di awal 1966, pesawat Dengler ditembak jatuh oleh pesawat anti api di Laos, ia ditangkap dan dikirim ke kamp penjara yang dikelola oleh sekelompok simpatisan Vietnam Utara. Pada 29 Juni 1966, setelah melumpuhkan tiga penjaga dengler dan enam tahanan lainnya berhasil melarikan diri ke hutan lebat.

Ia harus menghabiskan 23 hari di hutan dan harus bertahan dari serangga, lintah, parasit, dan kelaparan sebelum akhirnya diselamatkan oleh helikopter Amerika. Hanya satu dari tahanan lain yang selamat, seorang kontraktor Thailand sedangakan tahanan yang lainnya tewas dan hilang di hutan.

Sampai hari ini ia mendapat kredit sebagai satu satunya tentara Amerika yang berhasil melarikan diri dari kamp penjara selama Perang Vietnam.

4. Escape From Alcatraz

Pada 1962, Frank Morris, Clarence, dan John Anglin membuat rencana dengan cermat selama berbulan-bulan untuk melarikan diri dari penjara prototipikal. Para penjahan ini ditahan di penjara yang terkenal di Pulau Alcatraz, San Francisco, sebuah penjara yang dibuat khusus untuk para penjahat yang paling keras dan dianggap sebagai salah satu penjara yang paling susah untuk melarikan diri.

Mereka melarikan diri dengan cara menggunakan serangkaian alat termasuk bor yang dirakit dari penyedot debu.  Mereka kemudian menuruni cerobong asap sampai akhirnya menuju pantai, kemudian dengan cepat membuat rakit dan melarikan diri ke San Fransisco Bay.

Pelarian mereka baru diketahui keesokan paginya. Taktik yang digunakan Seperti di film-film Hollywood yatiu dengan membuat orang-orangan, kepala boneka dari sabun, rambut manusia, dan kertas toilet, serta ditutup dengan selimut agar terlihat sedang tidur di ranjang penjara.

5. The Maze Prison Escape

Pada Tahun 1983, 35 orang napi melarikan diri setelah mengambil kendali penjara The Maze dengan cara kekerasan.  The Maze dianggap sebagai salah satu penjara paling susah ditembus di Eropa. Namun setelah beberapa bulan membuat perencanaan oleh sekelompok tahanan yang dipimpin oleh anggota IRA, Gerry Kelly dan Bobby Storey. akhirnya semua tahanan tersebut bisa menguasai seluruh blok penjara dengan menggunakan senjata yang telah diselundupkan ke penjara.

Setelah melukai beberapa penjaga serta mencuri seragam mereka, para tahanan tersebut membajak mobil dan mengambil alih pos jaga yang di dekatnya. Namun ketika mereka tidak bisa melewati gerbang utama, para tahanan tersebut melompat pagar dan kabur dengan berjalan kaki. Laporan di tahun tersebut menyebutkan bahwa ada 35 orang yang melarikan diri dari penjara, dan enam belas di antaranya berhasil ditangkap kembali.