5 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

manfaat lemon

Lemon adalah salah satu jenis jeruk yang memiliki rasa asam kuat, tetapi buah yang satu ini banyak terdapat kandungan vitamin B, C, fosfor dan karbohidrat, maka lemon sering dijadikan sebagai bahan kosmetik dan obat kesehatan lainnya. Berikut adalah 5 manfaat lemon bagi kecantikan:

1. Menghilangkan Jerawat

Jeruk lemon ternyata mampu menghilangkan jerawat kecil loh sobat unik, cara dengan mencapurkan sari lemon dengan air. Setelah sari lemon tersebut larut di dalam air dengan menggunakan kapas ataupun cottonbud, ramuan tersebut dioleskan ke atas permukaan bisul dan biarkan selama 15 menit atau hingga benar-benar mengering. Tentu saja selain dioleskan air lemon tersebut dapat diminum, dan selain membugarkan tubuh juga mencegah dan mengobati jerawat dari dalam tubuh.

2. Menghilangkan Bintik Hitam dan flek

Selain menghilangkan jerawat, jus lemon dapat menghilangkan bintik hitam dan flek di kulit wajah. Caranya dengan mengoleskan jus lemon di atas permukaan kulit yang terdapat bintik hitam ataupun flek. Hal ini dilakukan karena lemon memiliki zat yang mampu mencerahkan warna kulit dan mengurangi terbentuknya flek hitam. Dengan kata lain lemon pun berfungsi sebagai cairan pembersih dan penyegar wajah.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

meskipun ukurannya kecil tapi manfaat lemon bagi kecantikan besar sekali. Cairan lemon ini mampu menghilangkan bekas jerawat yang terdapat di wajah, sehingga orang lain tidak percaya jika kita pernah berjerawat. Caranya pun mudah yakni dengan menggosokan daging buah lemon secara perlahan ke bagian bekas jerawat kemudian biarkan selama 10 menit, lakukan secara rutin maka kulit wajah akan terlihat segar tanpa luka bekas jerawat.

4. Mencerahkan Kulit

Seperti yang disebutkan sebelumnya lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi karenanya banyak obat kosmetik pemutih kulit yang berbahan dasar lemon. Namun karena kosmetik pemutih kulit cukup mahal harganya, nah sobat unik ada cara yang mudah dan murah untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat. Yakni dengan mencampurkan sari lemon dengan air, kemudian membasuhkannya ke permukaan kulit, biarkan selama 25 menit dan lakukan secara rutin. Untuk menghilangkan bekas luka iritasi kulit, sobat unik hanya perlu menambahkan sedikit madu.

5. Merawat Kuku

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, lemon pun memiliki protein dan keratin tinggi sebagai zat yang dibutuhkan untuk menyehatkan dan menguatkan kuku. Cara mudah sobat unik dengan menuangkan air perasan lemon ke dalam sebuah mangkuk, kemudian masukan jari-jari sonik ke dalamnya selama 15 menit. Setelah merasa cukup, cucilah hingga bersih hingga jari sonik tidak berasa asam.