5 Paspor Berdesain Menawan di Dunia

Sebagai traveller, paspor bukan cuma sebagai akses masuk ke negara lain. Paspor juga merupakan representasi diri dan juga negara kita. Jadi jangan heran jika beberapa negara mendesain paspornya sebagus mungkin. Berikut beberapa paspor dengan desain paling menawan di dunia:

1. Swiss

Swiss memang terkenal sebagai negara yang menyukai desain yang simpel. Paspor Swiss terlihat minimalis namun modern dengan pola geometrisnya. Didominasi warna merah bendera Swiss dengan salib putih di tengahnya, paspor ini juga menggunakan font Helvetica yang menjadi ciri khas negara Swiss.

2• Finlandia

Finlandia memiliki desain paspor yang sangat rapi, dari mulai logo Finnish Coat of Arms di tengah paspor sampai ke tulisan paspornya. Didesain dengan warna merah maroon yang memanjakan mata, paspor ini merepresentasikan standar desain yang sudah ditetapkan untuk paspor Uni Eropa.

3• Australia

Paspor Australia yang didominasi warna hitam ini terlihat sangat elegan. Di tengahnya terdapat lambang nasional Australia yang juga terdapat di 37 halaman paspornya. Selain itu di cover depannya terdapat gambar kanguru dan burung unta dengan tulisan “Passport” di bawahnya.

4• Yunani

Keelokan negeri para dewa ini begitu terwakilkan oleh paspornya. Di cover depannya tampak lambang negara Yunani bersama dengan font yang terpahat rapi. Sama seperti paspor Finlandia, paspor ini juga mengikuti standar desain paspor Uni Eropa dan memiliki warna merah maroon.

5• Selandia Baru

Selandia Baru merupakan negara yang terkenal dengan para travellernya. Gak heran kalau negara ini menciptakan paspor sedemikian rupa. Di cover depan dan juga belakangnya terdapat cetakan daun pakis yang menjadi lambang negara ini. Selain itu di dalamnya terdapat beberapa ilustrasi dengan tema travelling.

source