5 Primata Paling Pintar di Dunia

Primata merupakan hewan yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi dibanding hewan lainnya di dunia. Bahkan beberapa peneliti menilai tingkat kecerdasan primata seperti gorila dan simpanse nyaris seperti manusia. Sebagai bukti, kami merangkum lima primata pintar yang  pernah menjadi perhatian dunia. Berikut rangkumannya.

1. Zippy

Zippy

Zippy adalah aktor simpanse dan fitur reguler di The Ed Sullivan Show,  The Howdy Doody Show dan acara komedi televise di Amerika lainnya pada tahun 1950 dan 60-an. Zippy bisa menghibur penonton dengan mengendarai sepeda, roller-skating dengan senyum khasnya. Zippy begitu popular, hingga boneka boneka yang diproduksi mirip Zippy laku di pasaran. Kini boneka Zippy menjadi salah satu barang antic. Aktor simpanse lainnya yang pernah ada seperti Zippy adalah “Cheeta” dalam fil Tarzan di era 1930-an, Evie (Battlester Galactica), Punkun dari acara kebun binatang Jepang, Tensai Shumira dan Mikey dari Manchurian Candidate, acara live Sabtu malam dan World Series of Poker.

2. Koko

Koko

Koko adalah gorila betina dataran rendah yang dilahirkan dalam penangkaran di kebun binatang San Francisco, pada tahun 1971. dia terkenal karena menguasasi lebih dari 1.000 bahasa isyarat  yang dipelajarinya di Amerika melalui pelatihnya, Sen Patterson. Meskipun hampir semua tanda-tanda dia tahu seperti kata benda dan kata sifat, namun dia tidak mampu membangun kalimat, dia telah menunjukkan bakat dengan menciptakan tanda-tanda baru berdasarkan kosakata yang dia ingat.

Misalnya, ia menggabungkan kata “air” dan “burung” untuk menggambarkan bebek dan angsa, dia juga telah menggunakan bahasa dengan emosi, penandatanganan “cemberut,” “menangis,” dan “sedih” ketika kucing kesayangannya mati tertabrak mobil, di samping kecakapan di penandatanganan, Koko juga dapat memahami sekitar 2.000 kata dalam bahasa Inggris yang diucapkan. Kemampuannya dalam berkomunikasi telah menimbulkan pertanyaan tentang gorila adalah kerabat manusia.

3. Michael

Michael

Michael adalah gorila punggung perak dari Kamerun yang sudah yatim piatu..Sebagai bayi di alam bebas, Michael selamat dari perburuan kekerasan terhadap ibunya. Michael diselamatkan dan  dibawa ke California, untuk belajar bahasa isyarat dasar gorila di bawah pengawasan gorilla lainnya, Koko, Para ahli percaya Michael menyaksikan serangan terhadap ibunya, sehingga dilakukan penanganan khusus untuk menggambarkan peristiwa traumatis. Di yayasan, Michael juga belajar bagaimana melukis dan karya-karyanya telah dianggap “impresionis” (sebagai lawan dari abstrak karya seniman gorila lain, termasuk koko). Michael selalu memilih warna sendiri, dan ia sering membuat handprint di kanvas, sebagai tanda tangan. Salah satu hasil paling spektakuler adalah menggambar anjing peliharaaannya, jenis Border Collie yang bernama Apel. Sayangnya Michael meninggal akibat gagal jantung pada tahun 2000. Karya-karya Michael kini bisa dilihat dalam internet untuk pembelian secara online.

4. Tiao

Tiao

Tiao adalah simpanse dari kebun binatang Rio de Janeiro. Dalam sebuah acara komedi “Casseta and Planeta”, Tiao dikatakan sebagai calon wali kota Rio de Janeiro pada 1988 dari “Partai Pisang Brasil”. Dalam kampenye tersebut Tiao memiliki slogan “Pilih Monyet dapat Monyet. Simpanse ini menjadi sangat terkenal karena melempari politisi dengan kotorannya di kebun binatang.

5. Ham

Ham

Ham adalah astronot simpanse yang diluncurkan ke orbit luar bumi pada 31 Januari 1961 dari Cape Canaveral Florida, sebuah misi bersejarah bagian dari Proyek Merkuri Amerika. Ham memenuhi syarat sebagai pelopor, sebanding dengan bebek, kambing dan ayam yang naik di balon udara panas di Paris Montgolfier, pada tahun 1783. NASA ragu memberangkat Ham, karena takut terjadi hal buruk yang mungkin mengakibatkan kematiannya (setelah percobaan gagal). Namun Ham kembali dengan selamat. Sebuah sejarah  penting di antara kera (ia mendahului kebebasan Alan Shepard yang 7 pendakian tiga bulan). Sejarah lainnya milik seekor anjing bernama Laika, yang diluncurkan oleh Soviet, pada tahun 1957.