6 Foto Hoax Yang Bikin Heboh Internet

Internet merupakan salah satu tempat bagi banyak orang untuk mengkspresikan diri dengan berbagai cara. Contohnya adalah dengan menyebarkan berita dan foto hoax yang bikin heboh pengguna internet tanpa ada bukti yang jelas.

Terkadang kita percaya akan berita atau foto yang tersebar di internet, namun pada akhirnya berita atau foto tersebut hanyalah sebuah rekayasa oleh beberapa orang yang ingin cari sensasi. Berikut beberapa foto yang bikin heboh pengguna internet dan ternyata palsu atau hoax.

1. Gurita Raksasa

Baru juga menginjak tahun 2014 sudah ada lagi muncul foto hoax yang bikin heboh para pengguna internet. Berita tersebut yaitu ditemukannya onggokan bangkai gurita super besar di pinggiran pantai Santa Monica.

Kebenarannya orang-orang yang terabadikan di dalam foto itu sedang mengerumuni seekor ikan paus kecil, namun oleh seseorang diganti dengan tubuh gurita raksasa ini.

2. Gulungan Awan di atas Patung Liberty

Menjelang akhir tahun 2012 lalu, sebuah badai besar melanda Amerika Serikat dan menghancurkan sebagian negara tersebut. Seperti ingin cari sensasi, foto gulungan awan tebal di atas Patung Liberty kemudian muncul dan sempat bikin heboh pengguna internet.

Jika dilihat memang foto tersebut terlihat sangat nyata, namun pada kenyataannya foto itu hanya rekayasa yang diedit menggunakan Adobe Photoshop.

3. Raksasa Cardiff

Dalam foto ini terlihat sosok orang raksasa yang sedang berbaring di galian tanah. Foto tersebut sukses bikin heboh pengguna internet karena kelihatan sangat asli. Namun, foto itu hanya rekayasa yang sengaja dibuat oleh salah satu warga New York.

4. Hiu di Supermarket

Pada pertengahan 2012 lalu, ada foto yang beredar di internet di mana dalam foto tersebut nampak dua ekor hiu yang sedang berenang di bawah eskalator di salah satu supermarket. Kabarnya, waktu itu memang terjadi banjir yang menggenangi banyak tempat salah satunya supermarket itu. Setelah ditelusuri lebih lanjut, foto dua ekor hiu di supermarket itu hanya rekayasa dari Adobe Photshop.

5. Plesiosaurus Mati di pesisir Pantai

Pada tahun 2006 silam, internet juga sempat dihebohkan dengan tersebarnya foto-foto hewan pra sejarah, Plesiosaurus yang mati dengan kondisi tubuh yang masih utuh di pinggiran pantai.

Kebenarannya, foto tersebut bukan hewan pra sejarah itu melainkan seekor hiu besar yang mati dan terseret sampai ke pantai. Bahkan orang yang mengedit foto bohong itu menghilangkan sosok anak kecil yang waktu itu juga terabadikan oleh kamera.

6. Tengkorak dan Tulang Belulang Raksasa

Sekitar bulan Maret 2007 lalu, ada berita menghebohkan tersebar di internet. Dalam berita yang dilansir salah satu media di India bernama Hindu Voice membuat bahwa telah ditemukan makam raksasa beserta tengkorak dan tulang belulangnya.

Bahkan editor dari beritanya merupakan penemuan hasil kerja keras dari team National Geographic Society yang bekerja sama dengan tentara India. Pada kenyataannya, banyak pihak dan media lain yang mengangkat media serupa, sehingga muncul kejanggalan yang akhirnya mengungkap bahwa foto tersebut hanya hoax atau bohong.