7 Cara Pencegahan Kanker

 Kanker merupakan penyakit pembunuh nomor 2. Diseluruh dunia, 12,5 persen kematian disebabkan oleh penyakit kanker, melebihi jumlah kematian akibat HIV AIDS, TBC dan malaria. Penelitian menunjukkan bahwa kanker merupakan masalah kesehatan utama dinegara berkembang. Lebih dari 50 persen pasien kanker diseluruh dunia berada di Negara berkembang dan Negara kita termasuk Negara berkembang.

pencegahan kanker

Mengetahui kenyataan seperti ini perlu ada sebuah tindakan yang dilakukan untuk pencegahan kanker agar tidak sampai menyerang kesehatan kita. Seperti yang kita ketahui bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Cara pencegahan penyakit kanker bukan merupakan sesuatu yang rumit. Intinya adalah menjaga badan kita agar tetap sehat dan terhindar dari hal-hal yang menyebabkan penyakit kanker itu sendiri. Berikut adalah ringkasan 7 cara pencegahan kanker :

1. Faktor Keturunan

Salah satu faktor penyebab penyakit kanker adalah faktor keturunan. Seseorang yang memiliki orang tua atau kakek yang pernah mengalami penyakit kanker, memiliki peluang lebih besar untuk terkena penyakit kanker. Segera tanyakan kepada orang tua atau saudara agar bisa segera bisa melakukan tindakan pencegahan kanker jika memang memiliki faktor resiko.

2. Hindari Merokok dan Asap Rokok

Selain menjadi penyebab penyakit paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan penyakit kanker. Jika anda seorang perokok, sangatlah bijaksana untuk segera berhenti merokok sebagai cara pencegahan kanker, karena bukan hanya diri sendiri yang dirugikan namun asapnya juga bisa menyebabkan kanker sehingga orang yang menghirup asap rokok juga berpotensi untuk mengidap kanker.

3. Cukup Olahraga

Tidak perlu melakukan olahraga yang berlebihan. Cukup dengan olahraga biasa tetapi rutin merupakan tindakan pencegahan kanker. Laporan dari studi di University of California menunjukkan bahwa berjalan kaki 10 menit sehari bisa menurunkan risiko terserang kanker.

4. Cukup Konsumsi Sayur dan Buah

Mengkonsumsi serat yang cukup sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tidak hanya sumber vitamin dan mineral, tapi juga dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Hidangkan buah dan sayur disetiap menu yang dihidangkan untuk keluarga anda.

5. Hindari Makanan yang Dibakar

Makanan yang dibakar menghasilkan zat yang dinamakan karsinogenik, zat yang dapat menimbulkan penyakit kanker. Ini merupakan salah satu penyebab yang paling berpotensi sehingga menghindari makanan yang dibakar merupakan suatu keharusan sebagai pencegahan kanker.

6. Hindari Makanan dengan Zat Pewarna

Zat pewarna hampir sama berbahaya dengan makanan yang dibakar. Hindari makanan yang berwarna mencolok, biasanya makanan yang diual dijalan-jalan. Kebanyakan dari makanan tersebut tidak menggunakan pewarna makanan, tapi menggunakan pewarna textile yang  lebih berbahaya. Bukan hanya menyebabkan penyakit kanker, tapi juga penyakit lain.

7. Hindari Alkohol

Sama halnya dengan rokok, alkohol juga memiliki faktor resiko penyakit kanker. Jika anda peminum alkohol, segera kurangi atau hindarilah sebab lebih banyak dampak negatifnya bagi tubuh daripada manfaatnya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak menyadari bahwa terdapat kebiasaan-kebiasaan yang buruk bagi kesehatan. Makanan adalah sumber semuanya dari semua penyakit. You are what you eat. Sekarang saatnya kita memperbaiki hidup sehat sebagai tindakan pencegahan kanker yang notabene adalah pembunuh nomor 2 di dunia. Be healthy, Say no to Cancer.