7 Pelajaran Positif Dari Kisah Superhero

superman

Meski berkekuatan super, pada dasarnya semua superhero tetaplah manusia biasa. Bahkan Superman pun, meski lahir di Planet Krypton, punya kisah tersendiri di dunia. Yang lebih penting, dalam setiap kisah superhero yang terkesan tidak nyata ini, sebenarnya ada nilai-nilai positif yang bisa diambil. Simak tujuh di antaranya:

1. Kita semua punya alter ego

Clark Kent juga Superman, Peter Parker adalah Spiderman, sementara Bruce Wayne adalah Batman. Setiap superhero punya alter ego, sisi lain dari diri mereka yang keluar tergantung pada situasi dan kondisi tertentu. Kita pun demikian. Bisa berpikir, merasa, dan bertindak berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi. Tentu kita akan berbeda saat berhadapan dengan bos di tempat kerja, dan dengan kekasih saat menikmati makan malam. Tampil maksimal sesuai dengan situasi tertentu akan memberikan manfaat.

2. Kita adalah apa yang kita pakai

Kostum sejumlah superhero yang superketat atau bervariasi bentuknya, pada dasarnya memberi pemahaman bahwa apa yang kita pakai menentukan identitas kita sendiri. Busana yang kita kenakan juga turut menentukan bagaimana orang lain bersikap. Jika tampil atraktif, maka interaksi dengan orang lain akan sangat mudah menjadi lebih hangat dan menyenangkan. Jadi pilih busana (kostum) dengan bijak.

3. Kita semua berbeda

Kisah The X-Men atau The Avengers memberi gambaran bahwa setiap orang bisa saja berbeda, namun unik dengan kelebihan masing-masing. Tidak hanya berbeda karena atribut tapi juga karena kemampuannya. Beda pula kepribadian baik dari minat, bakat, hingga motivasi. Yang utama kemudian adalah bagaimana memanfaatkan keunikan itu untuk tujuan yang positif.

4. Tampil berbeda dengan kelebihan

Berbeda dalam hal ini bukan berarti merasa eksklusif, tetapi bagaimana memanfaatkan kelebihan itu untuk hal yang positif. Seperti superhero yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Caranya, temukan keunikan atau kelebihan yang Anda miliki, dan arahkan untuk hal yang positif. Akan lebih baik jika digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak.

5. Momen pahit jadi pelajaran bermanfaat

Bruce Wayne punya masa pahit dengan ayahnya, begitu juga Peter Parker dengan kematian pamannya. Namun dari situlah kejiwaan mereka terbangun dengan baik. Setiap diri kita pastinya punya satu masa pahit yang dilalui, dan kadang menghantui. Yang baik adalah berani menghadapinya dan melewati dengan baik. Selalu ada nilai positif dari setiap kejadian yang dialami, termasuk yang pahit atau menyakitkan sekalipun.

6. Sekuat apapun, hidup pasti ada masalah

Superman, Thor, dan Professor X, dengan kekuatan yang maha dahsyat yang dimiliki, bukan berarti membuat hidup mereka nyaman-nyaman saja. Begitu juga kita. Hidup tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dihadapi. Serumit apapun masalah, pasti ada jalan keluarnya. Asalkan terus mencoba mencari solusi dan bangkit lagi dan lagi. Kemampuan menghadapi masa sulit dan melepas beban adalah kemampuan yang setiap orang bisa miliki.

7. Hadapi ketakutan

Apa ketakutan terbesar yang pernah Anda alami? Hadapi saja. Karena terus-terusan menghindar dan berlari dari rasa takut tidak akan menyelesaikan persoalan. Setiap superhero menghadapi musuh jahat dengan mempelajari hal-hal baru. Setidaknya kita pun bisa demikian.