8 Tanda – tanda Kehamilan Awal

Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan seorang buah hati dari buah cinta mereka. Tanda- tanda kehamilan awal merupakan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu. Mengapa kita perlu mengetahui tanda-tanda awal kehamilan? Jika kita mengetahui tanda- tanda kehamilan, maka kita bisa mempersiapkan nutrisi untuk calon ibu dan janin, dan menjaga kondisi agar tetap fit dan sehat, sehingga si calon bayi bisa tumbuh sehat dan ibunyapun tidak kekurangan  gizi.

tanda-kehamilan

Mungkin banyak diantara anda telah mengetahui tanda kehamilan awal, namun banyak dari kita masih belum tahu tanda-tandanya. Kebanyakan wanita hanya mengetahui bahwa terlambat menstruasi merupakan suatu tanda, namun tidak sepenuhnya tanda itu menunjukkan bahwa seorang wanita hamil. Bisa juga karena teralu capek atau ketidakseimbangan hormonal sehingga wanita itu mengalami keterlambatan menstruasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 8 tanda-tanda awal kehamilan :

1. Perubahan pada payudara

Tanda-tanda kehamilan awal yang pertama adalah perubahan yang terjadi pada payudara. Payudara semakin membengkak daripada sebelumnya. Secara ilmiah pembengakakan payudara ini terjadi karena meningkatnya hormone estrogen dan progesterone yang dirangsang oleh keamilan itu sendiri. Biasanya akan menjadi tidak nyaman dengan hal ini. Kondisi payudara akan menjadi lebih sensitif sehingga akan menimbulkan rasa sakit jika dipegang. Areola atau puting akan berubah warna menjadi lebih gelap kadang akan menjadi gatal.

2. Menstruasi terlambat

JIka anda mengalami keterlambatan datang bulan, itu bisa menjadi tanda-tanda kehamilan. Namun seperti yang telah disebutkan diatas, keterlambatan datang bulan belum tentu menjadi tanda hamil. Ada baiknya untuk segera konsultasi ke dokter atau bidan anda.

3. Morning sickness (mual dan muntah)

Morning sickness atau mual dan muntah bisa menjadi tanda yang bisa digunakan sebagai acuan kehamilan. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada pagi hari dan berlangsung sekitar 1 – 3 bulan pertama (trimester 1), tergantung kondisi hormonal ibu hamil tersebut.

4. Terdapat bercak darah atau flek disertai kram perut

Biasanya bercak darah ini muncul setelah 8 hari ovulasi (bertemunya sperma dengan sel telur). Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding Rahim. Bercak darah ini sering disalah artikan sebagai tanda menstruasi karena memang mirip.

5. Mudah Lelah dan Sering Mengantuk

Calon ibu akan merasakan lelah yang berlebihan dan sering mengantuk meskipun aktivitas yang dilakukan sama dengan hari hari biasa. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal, sekaligus kinerja dari beberapa organ vital (ginjal, jantung  dan paru-paru) semakin meningkat. Organ vital ini bekerja untuk sang ibu dan juga perkembangan dan pertumbuhan janin.

6. Naiknya Suhu Tubuh

Seorang wanita hamil, mulai awal kehamilan hingga melahirkan, akan mengalami peningkatan temperature tubuh. Sering kita melihat kalau orang yang sedang hamil selalu merasa panas dan suka yang dingin-dingin.

7. Pusing dan sakit kepala

Pusing dan sakit kepala ini disebabkan oleh faktor fisik, mual, lapar, lelah dan tekanan darah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Peningkatan pasokan darah juga bisa menjadi salah satu faktor.

8. Sembelit

Hormone progesterone berdampak pada pengenduran otot-otot rahiim, selain itu juga mempengaruhi kendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Keuntungannya adalah memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik disaat kehamilan.

Tidak semua tanda-tanda kehamilan awal diatas dialami oleh ibu hamil. Semua  tanda-tanda diatas sangat tergantung pada kondisi fisik dan psikologis seseorang. Bahkan ada wanita yang tidak memiliki tanda-tanda kehamilan sama sekali selain terlambat menstruasi. Cara terbaik untuk mengetahui tanda kehamilan awal adalah dengan bantuan testpack dan berkonsultasi dengan dokter atau bidan anda.