Benda-Benda Unik Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar yang pernah ada di indonesia, mempunyai wilayah yang luas, teknologi canggih, dan berbagai keunggulan lainnya menyebabkan kita bisa menemukan benda-benda unik yang tidak dapat kita temui dari peninggalan kerajaan yang lainya.

1. Celengan Majapahit

Benda ini memang unik, meskipun ditemukan dalam bentuk pecahan, namun celengan (tempat menabung uang-jawa) ini berhasil disatukan kembali dan berbentuk babi. Celengan ini ditemukan di trowulan, Jawa Timur dan dipergunakan sekitar abad 14-15. Sekarang merupakan koleksi Museum Gajah, Jakarta.

2. Arca Emas

Arca ini menggambarkan Bidadari Majapahit yang anggun. Arca cetakan emaspara ini (bidadari surgawi) gaya khas Majapahit menggambarkan dengan sempurna zaman kerajaan Majapahit sebagai “zaman keemasan” nusantara.

3. Terakota Wajah

Banyak terakota ditemukan di wilayah majapahit, namun yang menarik adalah terakota yang dipercaya menggambarkan wujud asli dari Gajah Mada.

4. Surya Majapahit

Surya Majapahit adalah lambang yang umumnya dapat ditemui di reruntuhan Majapahit, sehingga Surya Majapahit mungkin merupakan simbol kerajaan Majapahit. Lambang ini mengambil bentuk Matahari bersudut delapan dengan bagian lingkaran di tengah menampilkan dewa-dewa Hindu. lambang ini membentuk diagram kosmologi yang disinari jurai Matahari khas “Surya Majapahit”

5. Arca Pertapa Hindu

Arca yang menggambarkan pertapa Hindu dari masa Majapahit akhir ini sekarang merupakan koleksi Museum für Indische Kunst, Berlin-Dahlem, Jerman.

6. Uang Gobog Majapahit

Benda yang zaman dahulu ini pernah digunakan sebagai salah satu mata uang Kerajaan Majapahit ini terbuat dari tembaga. Di sisi depan terdapat relief berupa gambar wayang, alat-alat persenjataan berbentuk cakra, dan pohon beringin. Sedangkan di sisi belakang terdapat relief pohon, peralatan berbentuk senjata dan berbentuk sesaji.