Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

Tips mengatasi jerawat

Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami – Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori tersumbat dan mengakibatkan munculnya kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan penyakit kulit yang banyak diderita oleh banyak orang terutama kaum remaja. Tak ada satu orang pun yang hidup di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di wajahnya. Penyebab timbulnya jerawat yaitu kemungkinan karena adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Perubahan hormonal yang dapat memicu timbulnya jerawat di wajah adalah menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB dan stres.

Jerawat yang biasa muncul di wajah kita itu ada tiga tipe :

1. Komedo

Jerawat jenis ini biasanya ada yang terbuka (blackhead) yang merupakan komedo yang menghitam karena polusi udara, ada pula yang tertutup (whitehead) yang bentuknya berupa benjolan kecil di wajah yang disebabkan tersumbatnya pori-pori. Jerawat jenis ini biasanya muncul disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.

2. Jerawat Biasa

Jerawat jenis ini biasanya muncul berwarna pink kemerahan. Jerawat biasa biasanya muncul karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi bakteri. Bakteri ini bisa muncul dari waslap, handuk, kuas kosmetik, jari tangan, juga telepon. Stres, Hormon dan udara yang lembab kemungkinan akan memperbesar jerawat jenis ini.

3. Jerawat Batu

Jerawat jenis ini muncul dengan peradangan yang besar di wajah yang tersebar diseluruh wajah. Jerawat jenis ini biasanya muncul karena faktor genetik, ada salah anggota keluarganya yang menderita jerawat ini.

Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

Berbagai macam cara akan dilakukan seseorang untuk mencegah dan mengatasi jerawat di wajahnya. Baik dengan cara yang alami maupun perawatan ke dokter kulit. Dengan cara alami tentunya akan lebih mudah untuk dilakukan penderitanya di rumah. Bahan alami sangat baik untuk tubuh. Bahkan untuk pengobatan jerawat bahan alami snagat dianjurkan. Berikut ada 5 bahan alami yang biasanya di gunakan untuk kulit yang berjerawat.

a. Bawang Putih

bawang putih

Meskipun aroma bawang putih sangat menyengat, tapi bawang putih sangat baik untuk memperkecil jerawat. Hanya dengan cara mengoleskan bawang putih pada bagian yang berjerawat, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat akan membantu memperkecil jerawat yang ada pada wajah.

b. Tomat

tomat

Tomat mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu mempercepat kempesnya jerawat. Dengan cara memasukan beberapa buah tomat segar ke dalam blender, lalu menjadikannya masker diwajah. Diamkan selama 30 menit dan setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

c. Putih Telur

putih telur

Putih telur sangat berguna untuk mengurangi jerawat dan mengencangkan kulit. Karena putih telur memiliki kandungan zinc yang cukup tinggi. Cara perawatannya hanya dengan mengoleskan putih telur dengan kuas pada wajah, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.

d. Lidah Buaya

lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung bahan anti bakteri. Tempelkan lidah buaya langsung pada wajah agar terhindar dari infeksi yang semakin parah. Dalam lidah buaya terdapat juga bahan pelekat yang dapat mengencangkan pori-pori. Perawatan dengan lidah buaya cukup menempelkan langsung gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 20 menit lalu dibilas dengan air bersih.

e. Jeruk

jeruk

Jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membuat wajah tampak lebih segar dan mencegah timbulnya jerawat baru. Jadikan perasan air jeruk sebagai masker pada wajah, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Dengan bahan alami, tidak perlu biaya mahal untuk wajah cantik kan….?

Selamat mencoba dan semoga berhasil…!