Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Kuku

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Melalui Kuku

Banyak cara untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan kita saat ini. Salah satunya, dan termasuk cara yang sangat tradisional, adalah dengan memperhatikan kondisi kuku kita, baik warna maupun teksturnya.

Jika Anda belum tahu bagaimana caranya, simak uraian di bawah ini :

1. Kuku pucat
Umumnya kuku berwarna pucat diasosiasikan dengan anemia atau rendahnya tingkat hemoglobin darah. Selain itu, kuku yang pucat juga dapat menjadi tanda malnutrisi atau gangguan pada paru-paru.

2. Kuku kekuningan
Jika kuku tiba-tiba berwarna kekuningan, kemungkinan besar Anda mengalami gangguan hati yang disebut jaundice atau sakit kuning. Saat seseorang menderitajaundice, tingkat billirubin di dalam tubuh meningkat. Hal ini yang menyebabkan kulit, mata dan kuku berwarna kekuningan.

3. Kuku bergelombang
Tekstur kuku bergelombang, terutama terjadi pada kuku kaki, menandakan adanya kanker. Indikasinya, predisposisi kanker paru-paru. Namun, kondisi ini tidak juga selalu menunjukkan kanker karena seiring bertambahnya usia, kuku dapat berubah menjadi bergelombang.

4. Kuku kebiruan
Kuku yang berwarna kebiruan menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan oksigen. Cek ke dokter apakah Anda menderita gangguan pernafasan atau tidak.

5. Kuku pecah-pecah
Kuku yang pecah-pecah atau mudah patah adalah tanda kerusakan kelenjar tiroid. Anda perlu memeriksa kadar hormon tiroid untuk memastikan kondisi ini.

6. Kuku tidak rata
Kuku yang memiliki ketebalan tidak rata dapat menjadi indikasi stadium awal penyakit inflamasi, seperti arthritis.

7. Kuku menghitam
Jika pada kuku muncul garis hitam, perlu diwaspadai. Warna kehitaman pada kuku mengindikasikan jenis kanker kulit paling fatal, yakni melanoma. Selain melanoma, kuku menghitam juga bisa diakibatkan oleh jamur.