Foto Pertama Planet Mars pada Malam Hari

Planet Mars

Wahana antaraiksa Curiosity milik Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) memotret tanah Planet Mars pada malam hari. Foto yang dihasilkannya menjadi foto pertama panorama Mars malam hari.

Objek yang difoto oleh Curiosity adalah sebuah batu yang disebut “Sayunei”. Batu itu telah dicukil sebelumnya oleh Curiosity

Curiosity menjepret Sayunei dalam cahaya tampak dan ultraviolet. Untuk memotret, wahana itu memakai Mars Hand Lens Imager (MAHLI) yang tertancap di lengannya. Sumber cahaya LED dari kamera itu digunakan untuk mendukung pemotretan pada malam hari.

“Tujuan observasi di bawah cahaya ultraviolet adalah untuk mencari adanya mineral fluoresens,” kata Ken Edgett dari Malin Space Science System di San Diego, pimpinan investigasi MAHLI.

Diberitakan Space, Jumat (25/1/2013), Sayunei sebelumnya dicukil oleh Curiosity. Bagian yang dicukil tersebut yang ditangkap oleh kamera MAHLI untuk dianalisis. Kamis lalu, data telah diterima, tinggal menunggu hasil analisisnya.

MAHLI adalah salah satu instrumen andalan Curiosity. Curisoity sendiri kini tengah berada di wilayah Mars bernama Yellowknife Bay.

Curiosity mendarat di Mars sejak 6 Agustus 2012 lalu. Sejumlah penemuan telah dihasilkan, seperti menemukan bukti terkuat adanya air di Mars, batu yang serupa batu di Bumi serta sejumlah temuan populer seperti foto dirinya di planet merah.

source