Gelang Berusia 3 Ribu Tahun Dengan Harga Rp7,8 Miliar

SEBUAH gelang emas padat berusia 3.000 tahun laku terlelang di balai lelang Christie dengan harga yaitu  517 ribu poundsterling atau Rp7,8 milyar. Tidaklah mengherankan jika gelang ini dinilai fantastis karena sangat langka dan menunjukkan kemampuan luar biasa pengrajin pada Zaman Besi.

gelang

Gelang emas murni dengan rancangan rumit (mengingat tahun pembuatannya) dan berat tiga perempat kilo ini sebelumnya diperkirakan hanya akan laku terlelang pada harga 40 ribu poundsterling (sekira Rp605 juta) sampai  60 ribu poundsterling (sekira Rp907 juta).

Gelang yang diyakini menjadi satu-satunya ini dibeli oleh seseorang yang tidak ingin disebutkan namanya. Ahli barang antik dari Christie, Laetitia Delaloye, mengatakan bahwa pemilik asli perhiasan tersebut pastilah orang yang sangat kaya, dan mungkin merupakan anggota kerajaan suku Iberia yang kuat.

“Gelang emas dari Zaman Besi ini sangat spesial dan sangat langka bagi kita untuk melihat contoh rinci contoh keterampilan di awal Zaman Besi. Pengerjaan yang rumit dan ukuran perhiasannya menunjukkan bahwa sang pemilik ingin menampilkan status elitnya, tingkat sosialnya tercermin dari perhiasannya,” ujar Delaloye.

Pada saat yang sama, patung elang langka zaman Mesir kuno (abad ke-4 SM) yang terbuat dari batu granit terlelang dengan harga  1,125 juta poundsterling (Rp 17,03 milyar). Sebelumya, patung ini diperkirakan hanya akan laku terlelang di harga antara  100 ribu poundsterling (sekira Rp1,5 milyar) dan 150 ribu poundsterling (sekira Rp2,27 milyar).

Patung yang terukir indah ini diakuisisi pada 1840-an oleh seorang diplomat Prancis di Mesir dan tetap dimiliki keluarga yang sama hingga saat ini. Elang merupakan simbol penting akan kekuasaaan untuk raja-raja Mesir Kuno, seperti dilansir Daily Mail.