Gua Kristal

Telah ditemukan gua kristal yang cukup besar di Meksiko, gua ini ditemukan oleh dua penambang timah, gua ini dipenuhi dengan kristal yang menakjubkan yang banyak berbentuk balok. Balok putih ini telah tumbuh selama ratusan ribu tahun di bawah gua Naica, Meksiko. Sepuluh tahun setelah penemuan menakjubkan ini, para ilmuwan mengajukan petisi ke pemerintah Meksiko untuk mengklaim gua ini kepada Unesco agar diakui sebagai Warisan Dunia,  dengan tujuan untuk melindungi formasi unik dari gua ini dimasa mendatang.

Gambar-gambar yang menakjubkan, yang diambil oleh fotograper terkenal di dunia asal Spanyol  Javier Trueba, menunjukkan ukuran tipis dari kristal, beberapa di antaranya berukuran sampai 11 meter.

Pembentukan balok 290 meter di bawah permukaan, terjadi ketika air yang super panas menjadi dingin, seiring waktu, kristal terbentuk di dalam air. Salah satu masalah utama yang dihadapi para ilmuwan masih ingin belajar di bawah tanah di Naica adalah panas. Sebuah sumber air panas terletak dekat dengan Gua Kristal yang berarti suhu didalam gua terlalu panas bagi orang untuk tetap berada di ruang kristal selama lebih dari sepuluh menit.