Gunung-Gunung Dengan Puncak Datar Di Bumi

Inilah Gunung-Gunung Dengan Puncak Datar yang ada Di Bumi

1. Gunung Roraima

Gunung Roraima adalah yang gunung tertinggi dari wilayah Pakaraima dengan puncak datar di dataran tinggi di Amerika Selatan. Gunung termasuk titik perbatasan tiga Negara yaitu Venezuela, Brasil dan Guyana.Gunung Roraima terletak di perbatasan Guyana di sudut tenggara dari Canaima National Park Venezuela 30.000 km persegi yang membentuk puncak tertinggi Rentang Dataran Tinggi Guyana. Gunung dengan Puncak datar ini dianggap beberapa formasi geologi tertua di Bumi, berumur sekitar dua miliar tahun yang lalu.Titik tertinggi gunung ini disebut Batu Maverick yang beberapa 2.810 meter dan terletak di Venezuela.

2. Auyan-tepui

Auyan-tepui juga dieja Ayan, adalah tepui di daerah Bolivar, Venezuela. Daerah ini paling sering dikunjungi dan salah satu dataran yang terbesar (tapi bukan yang tertinggi) di Dataran Tinggi Guyana, dengan Tinggi 2535 M diatas permukaan laut, luas puncak sekitar 666,9 km persegi (257,5 mil persegi) dan area kemiringan diperkirakan 715 km persegi (276 mil persegi).Wilayah ini terhampar dari utara oleh sebuah lembah yang luas, Canon del Diablo dibentuk oleh Sungai Churun. Bagian barat lebih besar dari dataran tinggi sebagian hutan, sedangkan bagian timur terdiri dari batuan sebagian besar kosong dengan tutupan vegetasi. Gunung mempunyai sejumlah sistem gua yang luas.

3. Kukenan-tepui

Kukenan memiliki ketinggian sekitar 2.680 meter (8.793 kaki) dan panjang yang datar sekitar 3 km (1,9 mil). Gunung ini terletak di dekat Gunung Roraima tepui yang lebih terkenal. Kukenan lebih sulit untuk didaki, sehingga lebih jarang didaki daripada Gunung Roraima. Gunung ini terdapat Cuquenan Falls, termasuk air terjun yang tinggi di dunia, terletak di ujung selatan.

4. Gunung Conner

Gunung Conner, juga dikenal sebagai Attila dan Artilla, dan kadang-kadang disebut sebagai Gunung Connor, adalah gunung yang terletak di Australia sudut barat daya dari Northern Territory, sekitar 75 kilometer (47 mil) tenggara dari Lake Amadeus di perbatasan wilayah Curtin Springs. Mencapai ketinggian sekitar 859 meter (2.818 kaki) di atas permukaan laut dan 300 meter (984 kaki) di atas permukaan tanah.

5. Gunung Asgard

Gunung Asgard adalah sebuah gunung kembar dengan puncak dua menara datar-batuan silinder, seperti dipisahkan oleh pelana. Gunung ini terletak di Auyuittuq Taman Nasional di Pulau Baffin dan mungkin yang paling terkenal dari Pegunungan Baffin. Puncak ini dinamai Asgard (alam para dewa dalam mitologi Norse).

 6. Gunung Debre Damo

Debre Damo di Ethiopia utara adalah nama sebuah gunung yang datar atasnya dan sebuah bangunan (biara) abad ke-6 yang terletak di atas. Tempat tersebut hanya dapat diakses oleh tali dari sebuah tebing terjal, dikenal dengan koleksi manuskrip, dan memiliki gedung awal yang ada di Ethiopia masih dalam gaya aslinya.

7. Canyonlands National Park 

Canyonlands National Park adalah Taman National yang terletak di tenggara Utah dekat kota Moab dan mempunyai pemandangan warna-warni terkikis menjadi lembah yang tak terhitung jumlahnya, mesas dan Buttes oleh Sungai Colorado, Green River, dengan anak-anak sungainya masing-masing.Taman ini dibagi menjadi empat wilayah, yaitu Island in the Sky (Pulau diatas), the needles, Maze, dan sungai itu sendiri. Sementara daerah-daerah berbagi suasana padang pasir primitif, masing-masing mempertahankan karakter sendiri.