Hewan-Hewan yang Memiliki Perisai Diri

Hewan-hewan memiliki cara tersendiri untuk melindungi dari serangan predator. Ada yang dengan cara berlari dan bersembunyi. Namun ada beberapa diantara hewan tersebut yang mampu memberikan perlawanan karena memiliki perisai diri. Dibawah ini adalah daftar Hewan-Hewan yang Memiliki Perisai Diri.

 1. Ekidna (Tachyglossus aculeatus)

Hewan ini hampir mirip dengan landak. Seluruh tubuhnya dipenuhi dengan duri yang digunakannya sebagai pelindung diri dari serangan para predator. Mamalia yang besarnya tidak lebih dari kelinci ini hidupnya di kawasan hutan di Australia dan Papua Nugini. Mulut moncong dan kuku besar dan tajam yang dimilikinya digunakan untuk menggali tanah. Duri ditubuhnya rata-rata berjumlah 5000 dan juga memiliki 2000 sensor medan listrik. Dengan perisai diri itulah, Ekidna menjadi hewan yang sangat aman dari serangan predator.

2. Ikan Buntal (Diodon Nichthemerus)

Ikan yang hidup di laut ini memiliki ukuran cukup wajar seperti ikan lainnya. Tapi punya kelebihan lain yaitu bisa menggelembungkan diri disertai duri-duri tajam. Kebiasaan itu dilakukan ketika Ikan buntal mendapat ancaman. Menggelembungkan diri hingga besarnya dua kali lipat dari tubuh asalnya dilakukan dengan cara menyerap banyak air dan selanjutnya mengeluarkan duri agar terlindung dari serangan predator laut lainnya.

  

3. Kadal Armadillo (Cordylus Cataphractu)

Salah satu kadal khas dari daratan Afrika dan Madagaskar. Tidak seperti kadal lainnya, Armadillo memiliki kulit yang super keras dan menyerupai duri. Cara melindungi dirinya pun cukup aneh, duri di tubuhnya bisa menggulung dengan cara mulutnya menggigit ekornya hingga berbentu bulat. Namun duri itu tetap berdiri. Cara tersebut paling aman dilakukan Armadillo dalam berlindung dari kejaran predator.

  

4. Ikan Singa (Pterois Antennata)

 

Ikan ini juga ikan laut yang berkembang biak di perairan Indo-Pasific. Racun yang dimilikinya merupakan salah satu perisai diri. Tapi racun itu akan berfungsi secara maksimal jika dikombinasikan dengan duri-duri tajam di tubuhnya. Hewan predator yang terkena racun tubuhnya bisa berakibat fatal. Bahkan hingga tewas, begitu juga jika terkena manusia.

5. Landak

 

Hampir semua mengenal hewan ini, lantaran seluruh tubuhnya ditumbuhi duri panjang dan tajam sepanjang 63-91 cm. Duri itulah yang membuatnya sangat terlindung dari serangan predator. Bahkan duri yang dimilikinya selalu berdiri walaupun dalam kondisi aman.