Inilah Manfaat Bangun Pagi Menurut Ilmuwan

pasti kadang-kadang enggan bangun pagi untuk sahur, sedangkan badan masih ingin berada di tempat tidur. Namun menurut studi, ternyata banyak loh manfaat dari bangun lebih awal di pagi hari. Apa saja sih?

• Mendapat IPK lebih baik

Tahun 2008 yang lalu sebuah studi dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika yaitu Texas University. Studi tersebut menjelaskan bahwa, mahasiswa yang bangun lebih awal di pagi hari mendapatkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif lebih baik daripada mahasiswa yang bangun terlambat, yaitu 3,5 berbanding 2,5.

• Lebih Proaktif

Lewat sebuah studi pada tahun 2008, seorang biologis yang berasal dari Harvard bernama Christoph Randler menemukan fakta bahwa orang yang bangun lebih awal ternyata memiliki kecenderungan lebih aktif dalam bekerja dan berdiskusi.

• Problem Solver

 

 Studi yang dilakukan oleh Randler pada tahun 2008 juga menemukan fakta bahwa “morning people” lebih memiliki pikiran yang terbuka dan fresh. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan dalam mengatasi masalah secara efisien dan sangat bagus untuk para businessman di luar sana.

• Lebih Bahagia

Menurut studi yang dilakukan oleh American Psychological Assocation, orang yang bangun lebih awal di pagi hari lebih cenderung memiliki perasaan bahagia dibandingkan dengan mereka yang begadang atau bangun pada siang hari.

• Lebih Sehat

Nah, ternyata menurut studi yang dilakukan oleh Northwestern University, orang yang bangun pagi mengonsumsi kalori lebih sedikit. Selain itu mereka lebih menghindari makanan yang tidak sehat seperti fast food.