Inilah Wajah Raja Inggris yang Terkubur di Lahan Parkir

richard

Kerangka yang ditemukan di lahan parkir di Leicester, Inggris, baru saja diidentifikasi. Seperti diduga sebelumnya, kerangka tersebut merupakan milik Raja Richard III, salah seorang raja Inggris yang mati dalam pertempuran ratusan tahun lalu.

Setelah penemuan, ilmuwan berupaya merekonstruksi wajah raja tersebut. Hasil rekonstruksi menguak, raja yang mati muda itu punya dagu yang tajam, hidung yang sedikit mancung, dan senyum yang cukup menarik.

Rekonstruksi dibuat berdasarkan kerangka yang ditemukan. Struktur tengkorak didigitalisasi. Ilmuwan kemudian melakukan analisis untuk menentukan ketebalan otot, daging, dan kulit dari Richard III.

“Saat potret digital 3D selesai, wajah direplikasi dengan plastik menggunakan sistem cepat pembuat prototipe,” ungkap Caroline Wilkinson, profesor bidang identifikasi wajah dan tengkorak dari Dundee University, Inggris.

Hasil cetakan 3D yang dihasilkan kemudian dilengkapi dengan mata buatan. Ilmuwan kemudian menghias tiruan raja itu dengan wig, pakaian, dan topi. Jadilah, wajah raja Richard III seperti yang ada pada gambar di atas.

Pakar sejarah dari Inggris, John Ashdown-Hill, mengungkapkan, rekonstruksi tersebut hampir menyerupai aslinya. Dengan beragam deskripsi yang didengar tentang Richard III, hasil rekonstruksi menunjukkan bahwa wajah raja itu terlihat lebih muda.

Phillipa Langley dari Richard III Society seperti dikutip Discovery, Selasa (5/2/2013), mengatakan, wajah raja itu tak sekejam yang dideskripsikan. “Tak seperti wajah seorang tiran. Dia sangat tampan. Ini seperti Anda bisa bicara kepadanya, membuat percakapan dengannya,” ungkapnya.

Richard III terbunuh dalam perang yang disebut Battle of Bosworth pada tahun 1485. Ia dikalahkan oleh Henry Tudor, yang kemudian menjadi Raja Henry VII. Dari rekonstruksi, diketahui pula bahwa Richard III punya tinggi sekitar 173 cm, memiliki perawakan langsing, dan sedikit feminin.

source

kompas.com