Jenis-jenis Tank yang Pernah Digunakan oleh TNI

Inilah 13 Jenis Tank Yang Pernah digunakan oleh TNI :

1. type 94

type 94
Tank ini adalah tipe Tankette (tang mini) yang diproduksi oleh Jepang. tank ini digunakan Jepang dalam invasinya ke Indonesia, tank ini di dapat oleh TNI dari hasil rampasan perang dari jepang

2. Universal carrier

Universal carrier
Universal Carrier adalah kendaraan lapis baja multi fungsi yang di produksi di inggris dan di beberapa negara lainnya dan di produksi dari tahun 1934-1960. dibawa oleh Belanda ke Indonesia tahun1940an sebelum Jepang masuk indonesia. Selain itu juga dibawa belanda kembali ke indonesia daat belanda datang ke indonesia sesaat setelah Indonesia Meerdeka. tank ini merupakan salah satu tank yang paling banyak dimiliki TNI saat itu.

3.m3 stuart

Nordafrika, amerikanischer Panzer M3 "Stuart"m3 stuart adalah jenis tank ringan. Awalnya dipakai dan dibawa oleh Belanda untuk menjajah kembali Indonesia. setelah perjanjian renville(cmiiw), banyak dari tank ini yang diserahkan kepada TNI. tank ini tergolong tangguh dan banyak digunakan indonesia di ke mudian hari. tank ini juga masih memiliki beberapa unit yang masih dapat berfungsi dengan baik.

4. m4 Sherman

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
tank ini juga dibawa oleh belanda, dan sama seperti m3 stuart, tank in kemudian diberikan kepada indonesia, walau tank ini tidak terlalu lama menjadi bagian dalam TNI AD

5. PT 76

5. PT 76
tank inni merupakann salah satu tank pertama yang dibeli sendiri oleh indonesi dengan uang rakyat. tank ini tujuan utama dalam pembeliannya adal untuk menghadapi belanda.tank yang di buat oleh uni soviet ini adalah tank yang garang pada masanya, tank ini masih di gunakan oleh marinir TNI AL hingga saat ini. tank ini telah berperang di banyak front di Indoesia.

6. BTR 50

6. BTR 50
merupakan versi angkut personel dari PT 76, pengabdian tan ini sama panjangnya dengan pengabdian saudara kembarnya

7. AMX 13

7. AMX 13
sama seperti PT 76, tank ini juga dibeli guna menghadapi belanda dalam merebut kembali Irian Jaya, namun produsen tank ini adalah prancis. Tank ini masih digunakan oleh TNI AD hingga saat ini

8. AMX 10p:

8. AMX 10p

merupakan tank amfibi buatan prancis yang dimiliki marinir, namun tank ini mudah terguling hingga jarang di pakai

9. Scorpion:

9. Scorpion
tank satu ini adalah buatan Inggris, dan terbukti tangguh dan handal ketika dipakai inggris di fakland dan iran di perang iraq iran. namun sayangnya pembelian tank ini dipenuhi dengan dugaan mark up yang merugikan negara.

10. BVP 2:

10. BVP 2

tank aknguut personel ini dimiliki oleh TNI AL, tepatnya oleh marinir, namun penggunaan tank ini sedikit berbeda dari kodratnya, dimana beberapa tank ini dipakai sebagai anti serangan udara.

11. BMP-3:

11. BMP-3

BMP 3 adalah tang angkut personel terbaru milik marinir AL, dimana persenjataan dari tank ini sangat lah garang, yaitu 100 smothbore cannon, 30mm autpmatic cannnon, dan 7,62mm gmpg

12. LVTP7:

12. LVTP7

LVTP 7 merupakan kendaraan pengankut personel dan logistik yang fungsinya memindahkan paukan marinir dari kapal ke daratan musuh. Indonesia memiliki 12 LVTP 7 hasil hibah dari korea selatan tahun 2011(cmiiw)

13. Leopard 2a6:

Kampfpanzer Leopard 2 A5

Leopard 2a6 adalah tank tercanggih dan terberat yang akan segera dimiliki oleh TNI AD, dimana pembelian tank ini dilakukan langsung antar negara dengan Republik Jerman.