Manfaat Madu Untuk kesehatan

manfaat maduManfaat  dan khasiat madu telah lama diketahui oleh manusia. Kualitas-kualitas gizi dan obat dari madu telah didokumentasikan dalam Veda, Yunani, Romawi, Kristen, teks-teks Islam dan lainnya. Dokter dari zaman kuno, seperti Aristoteles (384-322 SM), Aristoxenus (320 SM) Hippocrates, Porphyry, Cornelius Celsus (awal abad pertama Masehi) dan Dioscorides, dan dokter Arab telah dirujuk ke kualitas penyembuhan madu. Meskipun argumen ilmiah telah dibuat untuk penggunaan madu di zaman modern, penggunaannya masih dianggap sebagai bagian dari pengobatan alternatif. Madu mengandung antioksidan kuat dengan sifat antiseptik dan antibakteri. berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat madu untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker
Kandungan flavonoids yang terdapat pada madu serta antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sementara itu kandungan karsinogen pada madu bisa mencegah beragam tumor.

2. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh)
Madu juga kaya akan zat antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, kandungan Madu mempunyai kandungan nutraceuticals dapat melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

3. Meningkatkan Stamina
Menurut hasil penelitian, madu dapat meningkatkan performa (ergogenic),yang dapat meningkatkan performa atlet. Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.

4. Sumber vitamin dan mineral
Madu juga diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kadar vitamin dan minerl tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

5. Menghalau bakteri dan jamur
Madu juga mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi. Jika seserorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat pertolongan pertama untuk di oleskan sehingga menghindari terjadinya infeksi.

6. Menurunkan berat badan
Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu mengandung vitamin dan mineral yag dibutuhkan tubuh. Banyak yang meyakini bahwa madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampung dengan jus lemon diminum pada pagi hari diyakini bisa menghilangkan selulit.

7. Mengobati batuk dan radang tenggorokan
Seperti hanya pada point 6, kandungan anti bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.