Maskot Piala Dunia Dari Tahun ke Tahun

Maskot Piala Dunia Dari Tahun ke Tahun – Keberadaan maskot dianggap dapat menyemarakkan suatu event bahkan bisa memberi keberuntungan. Penggunaan atas maskot sekarang telah semakin meluas dengan selalu digunakan pada setiap acara olah raga di dunia ini, seperti Piala Dunia maupun Olimpiade sebagai bagian dari promosi dari acara olah raga tersebut.

Berikut ini adalah maskot-maskot yang digunakan dalam Piala Dunia dari tahun ke tahun.

1. Willy (Piala Dunia 1996)

http://usasoccerstud.com

Willie, maskot Piala Dunia FIFA 1966, adalah maskot pertama Piala Dunia FIFA, dan satu dari maskot pertama untuk digaulakan dengan satu kompetisi olahraga utama. World Cup Willie adalah sebuah singa, sebuah simbol tipikal dari Britania Raya, mengenakan sebuah baju kaos Union Jack dengan kata “WORLD CUP” yang berarti Piala Dunia.

2. Juanito (Piala Dunia 1970)

sportskeeda.com

Juanito digambarkan sebagai seorang pria yang menggunakan seragam timnas Meksiko dan sebuah sombrero yang bertuliskan “Mexico 70”.

3. Tip and Tap (Piala Dunia 1974)

http://usasoccerstud.com

Tip dan Tap merupakan sepasang anak laki-laki jerman yang mengenakan seragam jerman dengan huruf WM (Weltmeisterschaft, World Cup, Piala Dunia) dan angka 74.

4. Gauchito (Piala Dunia 1978)

http://usasoccerstud.com

Gauchito maskot ofisial Piala Dunia ini, seorang anak lelaki memakai kostum Argentina. Kepalanya (dengan kata ARGENTINA ’78), neckerchief dan whip yang dikenakan mencerminkan masyarakat gaucho (salah satu daerah di argentina).

5. Naranjto (Piala Dunia 1982)

http://usasoccerstud.com

Naranjito adalah sebuah jeruk, sebuah buah khas di Spanyol, memakai seragam dari tim nasional tuan rumah. Namanya datang dari naranja, bahasa Spanyol untuk jeruk, dan akhiran kecil “-ito”.

6. Pique (Piala Dunia 1986)

http://usasoccerstud.com

Pique adalah sebuah lada jalapeño yang merupakan karakteristik dari masakan Meksiko, dengan kumis dan sebuah sombrero Colimote. Ia digambarkan menggunakan pakaian yang warnanya merupakan warna tim sepak bola Meksiko. Nama “Pique” berasal dari kata picante yang berasal dari bahasa Spanyol, yang dalam bahasa Indonesia berarti paprika dan saus pedas.

7. Ciao (Piala Dunia 1990)

http://usasoccerstud.com

Ciao berbentuk manusia stik dimana kepalanya berbentuk bola dan badanya berwarna bendera italia. Kata “ciao” merupakan kata sapan dalam bahasa Italia.

8. Striker (Piala Dunia 1994)

http://usasoccerstud.com

Maskot resmi Piala Dunia edisi kali ini dinamai Striker, yang digambarkan sebagai seekor anjing yang menggunakan kaos berwarna putih dengan lengan berwarna merah yang bertuliskan “USA 94”, dan celana pendek berwarna biru. Warna putih, merah, dan biru merupakan warna dari bendera Amerika Serikat. Ia juga digambarkan mengenakan kaos kaki berwarna putih dengan corak berwarna merah serta sepatu sepak bola berwarna hitam.

9. Footix (Piala Dunia 1998)

http://usasoccerstud.com

Maskot resmi Piala Dunia edisi kali ini dinamai “Footix”, yang digambarkan sebagai seekor unggas, yang merupakan salah satu dari simbol nasional negara tuan rumah penyelenggara, Perancis, yang mengenakan pakaian berwarna biru, yang merupakan pakaian seragam tim nasional sepak bola Perancis, dengan tulisan “FRANCE 98” di dada. Bulunya berwarna merah, dan digambarkan tengah memegang bola resmi Piala Dunia FIFA 1998.

10. The Spheriks (Piala Dunia 2002)

http://usasoccerstud.com

Trio The Spheriks terdiri dari Ato yang merupakan pelatih dan Kaz & Nik yang merupakan pemain, maskot piala dunia Korea Selatan-Jepang ini berbentuk makhluk fiksi dan berwarna oranye, ungu, dan biru futuristik.

11. Goleo dan Pille (Piala Dunia 2006)

http://usasoccerstud.com

Goleo, dan Pille adalah maskot resmi Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Goleo berbentuk seekor singa, dan selalu tampil bersama pasangannya, Pille, sebuah bola yang dapat berbicara. Goleo mengenakan pakaian sepak bola dengan nomor punggung 06 tertulis di bajunya, dan dia tidak memakai celana. Kostum Goleo dibuat oleh perusahaan Jim Henson, dengan harga sekitar €250.000. Nama Pille berasal dari pill, sebuah kata dalam bahasa Jerman, yang merupakan istilah sehari-hari untuk sepak bola.

12. Zakumi (Piala Dunia 2010)

Zakumi adalah nama maskot Piala Dunia 2010 yang akan digelar di Afrika Selatan. Zakumi adalah seekor macan tutul dengan rambut nyentrik berwarna hijau, Zakumi lahir tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari pemuda di Afrika Selatan. Pada tahun 2010 Zakumi akan berusia 16 tahun, yang akan dirayakan secara global dengan tajuk piala dunia 2010. Nama Zakumi berasal dari kata “Za”, kode untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Zakumi mengenakan kostum hijau dan kuning (emas), yang juga menjadi warna dominasi seragam tim Afrika Selatan

13. Fuleco (Piala Dunia 2014)

Fuleco merupakan armadillo yang melindungi dirinya dari predator dengan cara menggulung menyerupai bola, dipilih sebagai maskot resmi oleh FIFA di acara yang diselenggarakan oleh panitia lokal pada September 2012. Maskot tersebut dipilih dari 47 desain yang dibuat oleh enam agen Brasil setelah riset pasar yang menunjukkan daya tariknya kepada penonton utama anak-anak berusia 5-12 tahun.

Itulah artikel tentang Maskot Piala Dunia Dari Tahun ke Tahun, semoga bermanfaat.