Melihat Menara Eiffel dan Kota Paris di China

tiandunchengTak harus pergi jauh ke daratan Eropa untuk meliha Menara Eiffel dan keindahan Paris di Prancis. Asia juga punya ‘Paris’ di dekat Hangzhou, China. Kerennya, destinasi ini juga dilengkapi dengan landmark khas Kota Paris.

Predikat China yang mahir membuat tiruan benda, tidak diragukan lagi. Bahkan negara ini bisa membawa ‘Kota Paris’ ke pesisir Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Destinasi ini dinamakan Tianducheng.

Tianducheng dibuat oleh perusahaan real estate, Zhejiang Guangsha Co Ltd, pada tahun 2007. Butuh waktu lima tahun untuk menciptakan lanskap cantik ala Paris seluas 19 km2.

Pembuatan mini Paris ini ditujukan agar penduduk China dan wisatawan, dapat kesempatan menikmati keindahan Paris tanpa harus menempuh jarak ribuan mil. Melansir situs Habitables, Jumat (11/1/2013), lokasi memiliki Menara Eiffel, Arc de Triomphe, dan vila bergaya Eropa yang mengelilingi sebuah taman bergaya Paris.

Menurut Lu Xiaotian, Direktur Zhejiang Guangsha Co Ltd, “Terdapat 10.000 rumah nyaman yang bisa ditempati oleh masyarakat.” Selain itu, Tianducheng juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti sekolah, country club, dan rumah sakit.

Masyarakat kelas atas di China, memang suka bulan madu, fesyen, menikmati wine di Paris, dan semua hal yang berkaitan dengan kota romantis itu. Tak taggung-tanggung, semua landmark kota tersebut pun disajikan dengan sangat mirip.

Anda bisa merasakan kesegaran dari replika Bassin de Laton, air mancur yang ada di Taman Istana Versailles. Sedangkan, Menara Eiffel Tianducheng dan Paris hanya berbeda tingginya saja. Kalau Menara Eiffel di Tianducheng memiliki tinggi 108 m, sedangkan di Paris tingginya mencapai 324 m.

Keindahan Tianducheng pun akhirnya menarik perhatian turis domestik dan internasional. Banyak pula dari mereka yang menjadikan kota ini sebagai surga fotografi, mulai dari sekadar hunting sampai foto pernikahan.

Ini bukan kali pertama China membuat replika sebuah kota. Sebelumnya di tahu 2006, China membuat Thames Town dengan rumah bergaya Georgia dan Victoria. Tidak hanya itu, Italia dan Jerman berhasil juga ‘dipindahkan’ ke China.

Belum lama ini, juga terdengar China berencana membuat Dorchester. Ini adalah sebuah desa di Boston yang menginspirasi seorang novelis, Thomas Hardy. Ternyata replika salah satu kota di Australia juga dibuat di Provinsi Guangdong.

Ingin berlibur ke Eropa, tapi bujet belum memenuhi? Tak salah bila Anda memilih China sebagai destinasi tujuan terlebih dahulu.

source

http://www.iannnews.com/culinary_entertainment-5043-wah-bisa-lihat-menara-eiffel-dan-kota-paris-di-china