Menghilangkan Kantung Mata

Kantung mata biasanya dialami oleh mereka yang sering kurang tidur atau begadang, sering bekerja didepan komputer, kurang minum air putih dan yang bekerja lebih dari delapan jam sehari. Sesungguhnya ada banyak faktor terkait dan juga cara untuk menghilangkan kantung mata,  Apa sajakah?

kantung mata

1. Usia

Kelopak mata atas dan bawah terdiri dari kulit, otot dan lemak. Seraya bertambah tua, otot-otot melemah. Kulit juga berubah karena kolagen di dalamnya rusak. Seperti diketahui, kolagen adalah protein yang memberikan struktur pada sel. Dan pada kulit, gunanya untuk memberi elastisitas. Maka, berkurangnya kolagen membuat kulit keriput dan melorot.

Di bawah kulit dan otot, penyebab utama untuk kantung mata adalah lemak. “Ketika anda beranjak tua, lemak Anda mulai terkulai,” kata Dr Melanie Grossman, dermatolog di New York.

2. Makanan

Makanan yang mengandung terlalu banyak garam – makanan asin, menyebabkan tubuh sangat sedikit menyerap air. Hal ini juga jadi penyebab kantung mata cepat terbentuk. Selain tentunya bahaya kolesterol tinggi dan pencetus penyakit lainnya karena terlalu banyak makanan mengandung garam.

3. Gen

Bila orang tua kita memiliki kantung mata, besar kemungkinan menurun karena genetika.  Jadi, kurang tidur bukan pencetus kantung mata. Perilaku ini hanya memperparah melemahnya kerja otot di bagian atas dan bawah mata kita.

Dibawah ini adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan kantung mata.

– Menggunakan minyak pijat yang mengandung vitamin E di daerah sekitar mata dengan menghindari kontak langsung terhadap mata anda. cara ini diperlukan sebagai proses pelancaran sirkulasi daerah sekitar mata anda, anda dapat memilih minyak almond untuk melakukan cara ini.

– Anda dapat menggunakan concealer make-up, penggunaan ini sifatnya hanya sementara saja karena make-up tersebut hanya menyembunyikan kantung mata.

– Jangan tidur kurang dari 8 jam dalam sehari dan tidur secara teratur. Karena kurang tidur adalah faktor yang paling mempengaruhi terjadinya proses pembentukan kantung mata anda.

– Jangan meremehkan Air Putih, karena segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan pasti berhubungan langsung dengan air putih. Maka dari ituperbanyaklah minum air putih karena air putih merupakan minuman terbaik bagi kesehatan kita.

– Gunakan kentang sebagai masker sebelum anda tidur setiap malam, gunakanlah parutan kentang yang telah diperas airnya lalu kenakanlah sebagai masker disekitar mata anda, atau anda dapat meletakan irisan kentang tipis lalu tempelkanlah pada mata anda. Cara ini bisa dibilang cara sederhana atau alami yang sering digunakan kaum wanita dalam kesehariannya menjelang tidur malam.

– Perbanyaklah mengkonsumsi sayur hijau dan tambahkanlah sayur hijau kedalam program diet anda apabila anda sedangng melakukan program diet. Sayuran hijau adalah sayuran yang memiliki daun hijau, serta anda juga harus perbanyak makanan yang memiliki kandungan Vitamin A dan E yang tinggi.

– Lakukanlah olahraga setiap hari secara rutin, dalam melakukan olahraga rutin ini anda tidak perlu melakukan olahraga berat, anda cukup melakukan olahraga ringan saja asalkan teratur seperti berjalan, Jogging atau bahkan anda dapat melakukan Yoga dirumah.

– Gunakan irisan timun lalu tempelkan pada mata anda. penggunaan timun ini berfungsi untuk mendinginkan mata dan menghilangkan bengkak pada mata anda dimana bengkak pada mata juga menyebabkan proses terjadinya kantung mata.

– Gunakan kapas yang telah dicelupkan kedalam air mawar lalu tempelkan didaerah mata anda.

– Mengurangi konsumsi penggunaan garam dimakanan anda, karena dengan mengkonsumsi garam yang berlebih dapat menimbulkan retensi terhadap cairan dimana proses tersebut akan memicu terjadinya pembengkakan pada mata anda.

– Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung zat kimia yang memiliki kandungan pemutih. Banyak wanita yang menggunakan make-up yang memiliki zat kimia pemutih karena ingin menghilangkan kantung mata yang berwarna hita, Harusnya anda hindari penggunaan kosmetik seperti ini dikarenakan kulit pada daerah sekitar mata merupakan kulit yang sensitif terutama dibagian bawah mata.

– Gunakan Kantung teh celup yang telah dingin lalu tempelkan pada mata anda, penggunaan kantung teh ini ternyata mampu mengurangi warna hitam pada daerah sekitar mata anda.