Menghilangnya Sebuah Danau di Chile dalam 1 Malam

Danau hilang Patagonia

Mungkin sudah banyak yang mendengar atau membaca mengenai kisah menghilangnya sebuah danau di Chile dalam kurun waktu hanya 1 malam saja, tapi ada baiknya saya ceritakan kembali buat yang belum pernah membacanya.

Kejadian ini terjadi dalam kurun waktu sekitar 6 tahun yang lalu atau tepat nya di bulan May, 2007, dalam satu malam saja seluruh air di danau yang cukup besar tersebut menghilang dan hanya meninggalkan lubang besar menganga dengan kedalaman 30m, iceberg serta tanah kering dilantai bekas danau tadi.

Seluruh air dan isi danau tersebut menghilang, terlepas dari fakta bahwa kejadian tadi sudah berlangsung 6 tahun lalu namun hingga kini masih banyak dibahas orang, mulai dari teori ufo yang melakukan percobaan hingga teori lainnya dan bahkan menyatakan bahwa berita ini hanya hoax semata.

Danau yang mengering dalam satu malam ini bukanlah sebuah danau kecil atau pun telaga, danau tersebut panjangnya kurang lebih 5 km, terletak di Patagonia Chile, Geologist terakhir kali memantau danau tersebut pada bulan Maret 2007 mereka tidak melihat ada hal yang aneh pada danau tersebut jadi bagaimana mungkin hanya dalam kurun waktu 2 bulan terjadi hal seperti ini secara tiba-tiba.

Pertama kali berita ini menyebar di Internet, banyak orang langsung menganggap pemberitaan ini Hoax, tentu saja sebab bagaimana mungkin terjadi hanya dalam waktu 1 malam saja sebuah danau tiba-tiba kering. Namun lapisan Gunung es (Iceberg) didanau tersebut masih tertinggal dan hanya air saja yang menghilang, Apakah air danau tersebut entah bagaimana caranya mengalir melalui retakan celah-celah yang ada didasar danau? Apakah ada kejadian Gempa sebelumnya? Lalu mengapa gunung es yang ada tetap seperti sebelumnya tidak terusik?

Seorang ahli Glacier, menerangkan kepada koran Chile bahwa danau tersebut sebenarnya baru muncul 3 dekade yang lalu, sebelumnya didaerah tersebut bukanlah sebuah danau. Jadi mungkin saja struktur geology didaerah tersebut kembali ke seperti semula sebelum adanya danau tersebut. Para ahli geology dan glacier Chile masih meneliti fenomena ini.

Sementara para ahli sibuk meneliti fenomena ini berdasarkan basis ilmu dan mencari penjelasan ilmiah, surat kabar di Chile malah berspekulasi bahwa air di danau tersebut telah dikuras habis oleh UFO. Hingga saat ini belum ada penjelasan ilmiah, apakah ini adalah peristiwa geologis normal, ataukah ada peristiwa yang berkaitan dengan aktifitas paranormal.

Walaupun ini bukanlah kali pertama sebuah Danau yang tiba-tiba mengering sebab ada beberapa kasus sebelumnya dimana terjadi sebuah Danau yang kehilangan airnya, namun lebih disebabkan karena sebelumnya terjadi gempa, dan satu-satunya masalah untuk menjelaskan danau di Chile ini adalah pada saat kejadian tidak ada kejadian gempa selama musim semi 2007.

source

http://life-a-big-mystery.blogspot.com/2012/09/menghilangnya-sebuah-danau-di-chile.html