Penyebab-Penyebab Orang Sering Digigit Nyamuk

gigitan nyamuk

Sebenarnya hal ini bukan hal yang aneh, karena memang nyamuk bisa memilih mangsanya sendiri. Ada beberapa penyebab yang membuat nyamuk menentukan mangsanya. Seperti dikutip dari WebMD, nyamuk tidak asal menggigit dan menghisap darah, melainkan karena :

1. Genetik

Secara genetik, ada warisan yang diturunkan kepada setiap orang yang membuat seseorang berbakat untuk dikejar nyamuk. Pada gen-gen tertentu memang seseorang menjadi sasaran nyamuk. Inilah mengapa ada orang yang sering mengeluh karena ulah nyamuk, ada pula yang tidak.

2 Kandungan asam pada tubuh

Nyamuk suka pada orang yang memiliki produksi asam berlebih pada tubuh. Misalnya saja asam urat dan asam laktat. Substantsi tersebut seperti mengeluarkan aroma tertentu dari tubuh, yang mengundang nyamuk untuk hinggap di kulit kemudian menghisap darah dari tubuh Anda.

3. Tingginya kolesterol

Seorang profesor bernama Jerry Butler, PhD dari Universitas Florida mengatakan seperti dikutip dari WebMD bahwa seseorang dengan konsentrasi kolesterol tinggi dalam tubuhnya dapat menarik perhatian nyamuk. Kolesterol tersebut menjadi alarm yang memanggil nyamuk untuk hinggap dan menghisap darah.

4. Produksi gas karbondioksida

Mereka yang mengeluarkan gas karbondioksida lebih banyak dari tubuhnya adalah sasaran empuk bagi nyamuk. Umumnya mereka yang mengeluarkan karbondioksida adalah orang dewasa serta wanita hamil.

5. Golongan darah

Scienceline mengatakan bahwa mereka yang memiliki golongan darah O cenderung lebih sering digigit nyamuk ketimbang golongan darah lainnya. Kabarnya, golongan darah O punya aroma tubuh khusus yang disukai nyamuk.

source : vemale.com