Racun Lebah Dapat Cegah Penyebaran HIV

racun lebah

Beragam penelitian untuk mengatasi penyebaran virus HIV menghasilkan temuan yang mengejutkan. Yakni, sengatan lebah dapat dijadikan alternatif penyebaran virus mematikan itu.

Adalah seorang peneliti dari Washington University School of Medicine di Saint Louise, Amerika, Dr Joshua L Hood, yang menemukan hal ini. Ia menyebut, lebah memiliki racun melittin yang diyakini dapat berfungsi menghancurkan dan mencegah penyebaran virus HIV.

Seperti dilansir The Sun, Senin (11/3/2013), peneliti itu mengungkapkan cara racun lebah ini menyerang virus dalam tubuh penderita HIV. Menurutnya, melittin akan dimasukkan dalam nanopartikel untuk menyerang dan memusnahkan virus. Tak hanya itu, para peneliti juga melindungi racun kimia tersebut dengan pelindung yang dapat terpantul jika mengenai sel yang sehat atau tak terinfeksi.

“Kami berharap penyebaran virus HIV tidak merajalela, para penderitanya dapat menggunakan gel (racun lebah) ini sebagai tindakan awal pencegahan,” kata Hood.

Jika sebagian besar obat terapi HIV hanya menghambat pertumbuhan dan perkembangan virus dalam tubuh, racun lebah ini justru bekerja lebih dari itu.Melittin akan menyerang struktur virus dan mencegah penyebaran infeksi.

Hood juga menambahkan kalau melittin tersebut juga dapat menjadi cara efektif untuk membunuh sel tumor.