Sebuah Benda Kemilau Kembali Ditemukan di Mars

benda-kemilau-di-mars

Benda kemilau kembali ditemukan di Mars. Wahana antariksa Curiosity mencitrakannya saat berada di wilayah Sol 173 pada Rabu (30/1/2013) lalu.

Curiosity memotret benda kemilai itu dengan kamera Mastcam bagian kanan. Citra kemudian diedit oleh Elisabetta Bonora, editor gambar asal Italia.

Sebenarnya, citra pembanding dibutuhkan. Namun sayangnya, kamera Mastcam yang berada di sebelah kiri gambar tak mendapatkannya.

Seperti ditunjukkan dalam gambar hasil editan Bonora, benda kemilau itu tampak mencolok dibanding bagian batuan di sekitarnya.

Dugaan yang muncul, benda itu bisa saja material yang lebih resisten terhadap erosi dibanding bagian lain. Tapi, bisa saja bagian itu memang sesuatu yang tumbuh di atas batuan.

Diberitakan Universe Today, Selasa (5/2/2013), benda kemilau itu tampak halus, tidak tertutupi debu dan bisa dibersihkan dengan mudah. Benda itu termasuk kecil karena tingginya hanya 0,5 cm.

Curiosity akan menggali informasi tentang benda kemilau itu. Benda kemilau sebelumnya telah ditemukan di Mars, dijuluki “bunga” mars.

Curiosity adalah wahana antariksa yang bertuigas menyelidiki lingkungan Mars. Wahana ini telah mendarat di planet merah sejak 6 Agustus 2012 lalu.

source

kompas.com

SE2ZA2BWWW3N