Sejarah Internet dan Perkembangannya di Dunia

Sejarah Internet – Saat ini internet sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua orang di dunia menggunakan internet baik untuk membantu pekerjaan maupun aktivitas lainnya, tapi tahukah kita tentang sejarah tentang internet itu sendiri? siapakah yang menemukan internet pertama kali serta dimana pertama kali internet digunakan.

Sejarah Internet dan Perkembangannya di Dunia

Internet pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Mulanya internet hanya digunakan untuk kepentingan militer pertahanan AS dalam mencegah masalah komunikasi antar kelompok dalam jarak jauh dengan menggunakan jaringan telepon. Pada saat itu telah banyak dibuat jaringan komputer yang disebar dan dihubungkan pada daerah-daerah vital. Selain itu, pihak militer AS juga mmanfaatkan internet ini untuk mengantisipasi jika terjadinya serangan nuklir.

Di tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang telah berhasil dihubungkan sehingga mereka dapat saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Kemudian di tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang dia ciptakan untuk ARPANET. Program e-mail tersebut sangat mudah sehingga langsung menjadi populer saat itu. Lalu icon ‘@’ juga diperkenalkan di tahun yang sama sebagai lambang penting untuk menunjukan “at” atau “pada”. Di tahun 1973, jaringan ARPANET mulai dikembangkan ke luar dari Amerika Serikat, dan komputer University College di London menjadi komputer pertama yang ada di luar Amerika untuk menjadi anggota jaringan ARPANET. Dua ahli komputer, Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah ide yang lebih besar, hingga menjadi cikal bakal sejarah internet dan pertama kalinya di presentasikan di Universitas Sussex.

Lalu di tanggal 26 Maret 1976, menjadi hari yang bersejarah karena Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung dengan ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin membuat newsgroup pertama dan diberi nama USENET. Lalu di tahun 1981 France Telecom menciptakan sebuah gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, hal tersebut untuk memudahkan orang-orang saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Tahun 1990 merupakan tahun paling bersejarah, saat itu Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang dapat menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, hingga akhirnya membentuk jaringan. Program tersebut akhirnya diberi nama www atau Worl Wide Web. Di tahun 1992, komputer yang saling terhubung dan membentuk jaringan sudah lebih dari  satu juta komputer dan muncul istilah baru, yaitu Surfing The Internet. Pada tahun 1994, situs internet kemudian tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, serta untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.

Itulah artikel tentang sejarah internet serta perkembangannya, semoga bermanfaat.