Simpanse Paling Cerdas Dan Genius

Simpanse betina berumur 20 tahun dari kawasan konservasi di Pulau Ngamba, Uganda, dinyatakan sebagai simpanse paling cerdas berdasarkan riset Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig.

simpanse cerdas

Natasha dinobatkan sebagai simpanse ‘genius’ setelah melalui beberapa tes. Beberapa tes yang dilalui antara lain tes pengetahuan spasial, menghindari jebakan, mencari makanan serta mengenali warna, ukuran dan bentuk.

Esther Herrmann dan Josep Call, para peneliti, mengidentifikasi kecerdasan hewan dengan cara melihat perilakunya. Di antaranya, apakah simpanse menggunakan peralatan untuk tujuan tertentu, pemahaman kuantitas serta kemampuan mengambil kesimpulan.

Contoh simpanse cerdas yang pernah dijumpai adalah simpanse yang menggunakan peralatan untuk mendapatkan rayap. Simpanse mencabut batang pohon, membersihkannya dari daun dan membaginya menjadi dua sehingga salah satu ujungnya menjadi berserabut.

Natasha terbukti bisa melewati serangkaian tes sehingga dinyatakan paling cerdas. Sebelumnya, ia juga menjadi berita besar dengan mampu melarikan diri dari kandang dikelilingi pagar listrik menggunakan batang pohon dan menggoda manusia untuk melemparkan makanan padanya hanya untuk menyemprotkan mair pada manusia yang tergoda.

Penemuan kecerdasan Natasha membuktikan bahwa “genius” juga ditemukan di kalangan hewan. Namun, belum diketahui apa penyebab perbedaan kecerdasan pada hewan.