Tanda-Tanda Serangan Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital penunjang kehidupan manusia, jantung dapat dikatakan sebagai motor penggerak organ tubuh manusia, Nah kali ini kita akan membahas secara singkat tentang beberapa dari Tanda-Tanda Serangan Jantung (Jantung Koroner).

Tanda-Tanda Serangan Jantung (Jantung Koroner)
Serangan Jantung (Jantung koroner) tidak mengenal usia, siapapun bisa terkena Serangan Jantung baik itu  orang tua maupun yang muda sekalipun. Serangan jantung ini tidak datang secara tiba-tiba karena sebelum serangan itu muncul, sebenarnya sudah ada tanda-tanda yang disampaikan ke tubuh. Namun terkadang tanda-tanda tersebut sering kita abaikan.Jantung memompa darah ke seluruh tubuh secara konstan yaitu sekitar 4-5 liter darah setiap menitnya. Untuk itu apabila aliran darah tersebut tidak lancar maka bisa mengakibatkan kerusakan otot jantung yang menyebabkan gangguan pompa jantung (gagal jantung) dan kematian.Suatu penelitian dari  MayoClinic menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner merupakan suatu penyakit akibat penyempitan atau tersumbatnya pembuluh darah arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang akan mengalirkan darah dengan membawa sari makanan dan oksigen yang dibutuhkan otot jantung agar dapat berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Nah dalam kehidupan kita sehari sehari-hari Serangan jantung bisa di akibatkan oleh suatu kegitan yang berlebihan, misalnya olahraga yang berlebihan, emosi yang berlebihan (saat kita marah) atau kegiatan lainnya yang berlebihan.

Seperti yang dilansir Dr M. Taufik Arifin Pohan di detikHealth, beliau mengatakan setidaknya ada Tanda-Tanda Serangan Jantung (Jantung Koroner) yang harus diwaspadai:

1. Rasa tertekan (serasa ditimpa beban, sakit, terjepit dan terbakar) yang menyebabkan sesak napas  dan tercekik di leher.
2. Rasa sakit ini bisa menjalar ke lengan kiri, leher dan punggung.
3. Rasa sakitnya bisa berlangsung sekitar 15-20 menit dan terjadi secara terus menerus.
4.Rasa sakit ini bisa berkurang saat sedang istirahat, tapi akan bertambah berat jika sedang beraktivitas.
5. Timbul keringat dingin, tubuh lemah, jantung berdebar dan bahkan hingga pingsan.

Itulah beberapa Tanda Serangan Jantung yang harus kita waspadai, Semoga Bermanfaat.