Tips Mengatasi Komedo di wajah

mengatasi komedo Tips Mengatasi Komedo di wajah

Buat kita – kita yang masih pada muda, yang baru aja beranjak dewasa atau istilahnya udah menginjak usia remaja. Pasti banyak diantara mereka yang keganggu banget sama yang namanya Penyakit Wajah. Kaya datangnya komedo yang sering banget kita temuin di beberapa bagian wajah kita terutama bagian hidung. Komedo bentuknya emang kecil, tapi kalo jumlahnya berlebih, komedo bakalan bikin penyakit wajah bermunculan, contoh yang paling gak asing sama wajah itu ya JERAWAT. Komedo di wajah yang berlebih akan membuat wajah kita tampak kurang enak dipandang. So.. jangan pernah ngeremehin komedo loh guys..

Pada dasarnya, komedo itu ada dua bentuk :

1. Komedo yang terbuka atau bisa disebut dengan Blackhead, yaitu komedo yang bentuknya seperti pori – pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarna hitam karena teroksidasi oleh udara.

2. Komedo yang tertutup atau bisa disebut dengan Whitehead, yaitu komedo yang berada dibalik lapisan kulit ari yang tersumbat oleh kotoran dan lemak, komedo ini tampak seperti benjolan – benjolan kecil dibawah kulit.

Tips-tips mengatasi komedo di wajah

a. Memakai kosmetik yang bebas minyak dan berbahas dasar air, dengan begitu kulit wajah tidak akan tersumbat oleh kotoran dan bakteri.

b. Cuci wajah minimal 2x sehari, tapi juga jangan terlalu sering membersihkan wajah secara berlebihan karena itu akan mengurangi kelembaban alami kulit.

c. Jangan memencet hidung dengan kuku, karena cara ini justru akan membuat kulit meradang dan menimbulkan infeksi pada kulit.

d. Gunakan sabun muka yang mengandung butiran scrub. Sebelum menggunakan sabun, sempatkanlah untuk menguapi wajah dengan air panas agar pori-pori wajah itu terbuka lebar dan akan mempermudah melepas komedo ketika menggunakan sabun. Setela dibersihkan, gunakan toner pada wajah untuk menutup kembali pori-pori tersebut.

e. Lakukan peeling atau facial minimal satu bulan sekali untuk membersihkan komedo.

Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Komedo di Wajah

Hendaknya komedo di wajah kita lekas dibersihkan dan dihilangkan, karena jika dibiarkan bertambah, komedo di wajah akan memicu tumbuhnya jerawat. Cara membersihkan komedo pun bermacam – macam, ada yang secara alami atau perawatan wajah ke dokter kulit. Nah buat kita – kita yang suka banget sama yang bau – bau natural dan herbal, kita bisa cobain cara ini dirumah, caranya gak susah kok..

1. membersihkan komedo dengan putih telur.

Caranya, ambil satu butir telur lalu tuangkan putih telur kedalam mangkok (tidak tercampur dengan kuning telur). Lalu kocok putih telur itu hingga berbusa dan oleskan kocokan putih telur itu ke wajah yang berkomedo setelah itu ditutupi dengan tisu basah (seperti menggunakan masker). Sebaiknya sebelum melakukan masker putih telur ini, wajah harus lebih dulu dibersihkan dengan air hangat.

2. membersihkan komedo dengan menggunakan bubuk gelatin, susu cair dan putih telur.

Caranya, panaskan campuran dari susu cair dan bubuk gelatin lalu setelah selesai diaduk merata diamkan sejenak campuran itu hingga hangat. Dan setelah hangat baru campurkan putih telur dan aduk rata. Setelah itu masker ini dioleskan ke bagian wajah yang berkomedo. Alangkah baiknya sebelum melakukan masker ini kita membersihkan wajah kita dengan air hangat.

3. membersihkan komedo dengan air garam.

Caranya, uapi wajah dengan air panas yang telah dicampur dengan 1 sendok makan garam, lalu diamkan wajah diatas air panas itu supaya uap air garam itu sampai ke wajah selama 10 menit. Uap air garam akan membuka pori-pori wajah, memperlebar pembuluh kapiler dibawah kulit dan memperlancar peredaran darah ke kulit.

4. membersihkan wajah dengan kacang kedelai dan kacang polong.

Caranya, kita menumbuk halus kacang kedelai dan kacang polong tersebut. Lalu kita oleskan diwajah sebagai masker hingga merata. Diamkan selama 30 menit dan setelah itu di bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan dengan masker ini selama beberapa kali.

Nah, gampang banget kan caranya..? Gak perlu biaya mahal pula untuk mengusir jauh-jauh komedo di wajah kita.

Leave a Reply