Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa Ramadhan

Bau mulut memang sangat mengganggu bagi orang sekitar. Terlebih, jika kita sedang menjalankan ibadah puasa, biasanya bau mulut tidak sedap sangat menyengat sekali.

Meskipun bau mulut orang puasa jauh lebih wangi (di hadapan Allah SWT) dari minyak kastrui, namun secara kasat mata, tentu sangat mengganggu dalam pergaulan, terutama saat kita mengobrol dan berbincang-bincang dengan teman kerja maupun teman sekolah, dll.

Nah…., jika Anda ingin menghilangkan bau mulut yang tidak enak atau menghilangkan bau mulut tak sedap saat puasa, berikut beberapa tips yang dapat Anda praktekkan dirumah agar bau mulut Anda tetap segar dan wangi sepanjang puasa ramadhan. Bagaimana caranya?

Silakan langsung saja Anda simak Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa Ramadhanberikut ini:

  • Jaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka. Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur.
  • Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.
  • Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur.
  • Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur. Beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka, bangkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.
  • Hindari untuk merokok. Dimana rokok memperburuk kebersihan mulut selain itu rokok sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap.
  • Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa segera kontrol kepada dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.
  • Hindari makanan yang berorama tajam antara lain bawang, petai, jengkol serta durian.
  • Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti coklat, es krim, biskuit dan kue basah lainya. Jika memang tetap ingin mengonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa tips mengatasi bau mulut tak sedap saat puasa yang dapat Anda praktekkan dirumah, semoga cara tersebut diatas tidak mengurangi pahala kita di bulan puasa khususnya yang berkaitan dengan bau mulut. Pasalnya, seperti yang di katakan di atas yaitu Bau Mulut orang puasa (di hadapan Allah) justru jauh lebih wangi dari minyak kasturi.

Semua kembali pada diri kita masing-masing, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 2013, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amien