Tips Menghindari Maling Sandal Saat Sholat Tarawih

Di Bulan Ramadhan, Setiap amalan dan kebaikan akan menjadikan Hidayah dan tauladan bagi dirinya sendiri. Begitupun dengan segala bentuk perbuatan tidak terpuji pasti akan mendapat balasan yang setimpal , Contohnya mencuri sendal.So pastinya bagi pembaca yang rutin pergi ke masjid, pasti pernah mengalami Peristiwa Kecolongan sandal.

Memang sih kelihatannya sepele, Bagi yang menganggapnya tuntas dan ikhlas, hal tersebut adalah lumrah. Tetapi walaupun begitu jangan berharap banyak apabila hal tersebut terjadi berkali-kali  dengan terus membiarkan pelakunya lolos tanpa melakukan upaya pencegahan.

Menurut penilaian saya, kebanyakan pencuri sandal adalah orang yang seiman dengan kita, dengan karakter seperti muslim yang melakukan ibadah dimasjid pada umumnya. Si pencuri bukanlah orang jahat seperti yang di ceritakan di sinetron maupun film-film kartun, Tetapi mungkin pencuri sendal mempunyai motto tersendiri dengan motif yang diperbuat. Karena terlalu seringnya mendengarkan ceramah agama yang berbunyi “Ambillah sesuatu yang baik, buanglah yang jelek”. Sehingga pencurian sandal adalah hal yang sangat diuntungkan akibat berkurangnya pemahaman agama yang kurang (*Karena sandalnya jelek dan hendak dibuang, Lantas pencuri ini mencari penggantinya yang harus lebih layak pakai dan lebih bagus).

Apalagi dibulan puasa banyak aktivitas yang mengharuskan kita turun ke masjid untuk beribadah. Begitu jengkelnya apabila kita mengetahui sandal yang kita pakai seusai sholat taraweh raib begitu saja dari pandangan. Bukan main malunya apabila kita pulang dalam keadaan “nyeker” tanpa memakai sandal, sampai timbul suatu pemikiran untuk mencuri sendal milik orang lain sebagai bentuk tebusan.

Nah bagi orang mukmin, Alangkah baiknya tidak menuruti kemauan tersebut, mengingat kita hanya akan sama bodohnya dengan pencuri sendal.

Lalu apa yang mesti dilakukan untuk menghindari Kemalingan sandal waktu dimasjid?

Ini adalah beberapa tips dari pengalaman saya pribadi, apa yang sobat lakukan berikut ini adalah syarat penting untuk menghindari maling sandal di masjid:

1. Pergunakan Bakiak 3 penumpang.

Sebenarnya ini adalah cara licik, tapi begitu sobat mencobanya, dijamin si pencuri akan ilfill dan mengurungkan niatnya karena bentuknya yang dibilang aneh. Tapi kekurangannya ialah sobat harus membonceng 2 orang sekaligus untuk mengoperasikannya.

2. Desain sendal anda hingga berbentuk kotak amal

Cara ini efektif untuk mereka yang mempunyai betis besar. Disamping terhindar dari aksi pencurian, dijamin sobat akan mendapatkan tambahan surplus berupa sumbangan dari jamaah masjid yang lain

3. Pergunakan sendal yang mempunyai beda ukuran

Misalkan sendal kiri berukuran 38, sendal kanan berukuran 41. Atau dengan sedikit sentuhan artistik, sandal sebelah kanan warna pink dengan corak bunga matahari, sebelah kiri warna kuning dengan hiasan kepala tengkorak. Atau jika lebih cermat lagi, sobat dapat memakai sandal yang kanan dua-duanya atau kiri dua-duanya

4. Jangan memakai sandal branded

Sendal brandes adalah target penting bagi si pencuri. Jika terpaksa memakai sandal branded, simpanlah sandal tersebut di tempat yang berjauhan, misalnya sandal sebelah kanan disimpan di mesjid istiqlal, sandal yang sebelah kirinya sobat simpan di stasiun kereta api terdekat.

5. Menggunakan aksesoris lucu penghias sandal

Sebagai pengingat memori sobat karena jumlah jamaah sholat yang banyak, biasanya pemilik sandal akan sering lupa dengan sandal yang di pergunakan. Tidak ada salahnya jika selalu menenteng rantai besi yang panjang, sobat dapat merantai sandal merangkainya pada badan. Begitu sandal hendak dicuri, Sontak akan mendapat tanda berupa tarikan. Kalau merasa ribet. Sobat juga bisa mempergunakan gembok kapal selam untuk menguncinya