Tips Untuk Mengatasi Sakit Hati

Kali ini kita akan membahas mengenai cara-cara paling sederhana dan simpel, namun terbukti sangat ampuh untuk mengobati hati yang terluka.  Satu hal yang harus diingat, gunakanlah momen ketika anda merasa sakit hati menjadi momen untuk berintrospeksi dan belajar.  Langsung saja, berikut Tips Untuk Mengatasi Sakit Hati:

10+Cara+Mengatasi+Sakit+Hati Tips Untuk Mengatasi Sakit Hati

10.  Menulis diary

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi sakit hati adalah dengan cara menulis diary atau buku harian.  Cobalah untuk menumpahkan segala kekesalan, kemarahan, kesedihan, dan perasaan lain yang terpendam yang menyebabkan sakit hati.  Cobalah untuk terus dan terus menulis sampai anda merasa benar-benar lega dan rasa sakit hati pun perlahan-lahan menghilang.

Di beberapa kasus, ada tulisan diary yang akhirnya bisa diangkat menjadi sebuah karya sastra yang bahkan dibaca oleh orang-orang di seluruh dunia.  Oleh karena itu, daripada anda terus menerus merasa tersakiti, tuangkanlah semua kesakitan-kesakitan tersebut ke dalam buku harian, dan anda akan merasa jauh lebih baik.

9.  Tertawalah

Tertawa terbukti sebagai salah satu cara ampuh untuk menghilangkan rasa galau.  Ya, ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk bisa tertawa lepas, contohnya dengan menonton film komedi atau membaca komik bertema lucu.  Dengan tertawa, segala rasa nyeri dan sakit di dalam hati akan lebih cepat terobati dan anda pun akan segera terbebas dari sakit hati.

Cara yang paling alami untuk tertawa adalah ketika anda melakukan sesuatu yang benar-benar anda sukai.  Jika anda benar-benar menikmati hal tersebut, anda tak hanya mendapatkan tawa, namun juga merasakah kepuasan yang sangat berguna untuk menyembuhkan sakit hati.

8.  Kembangkan pola hidup sehat

Pasti anda bertanya-tanya, apa hubungan pola hidup sehat dan sakit hati?  Yang jelas, sakit hati bersumber dari pikiran, dan pikiran kita akan terus menerus membawa kita pada kenangan buruk tersebut apabila tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.  Serangan dari pikiran-pikiran ini bisa juga mempengaruhi kesehatan tubuh apabila kita tidak mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan pola hidup sehat.

Berdasarkan penelitian para ahli, orang yang mengembangkan pola hidup sehat, makan teratur, dan olah raga setiap hari cenderung lebih bahagia dan lebih tahan stres maupun depresi.  Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap menjaga baik-baik pola makan dan olahraga anda.

7.  Cobalah untuk mengambil hikmah dari pengalaman anda

Dari setiap pengalaman buruk pasti selalu ada pelajaran yang kita petik.  Begitu juga dari suatu hal yang bisa mengakibatkan kita merasakan sakit hati, pasti selalu ada hikmah yang terkandung di dalamnya.  Manfaatkanlah pengalaman ini untuk kembali melihat ke dalam diri anda sekaligus berdiskusi dengannya.  Cobalah untuk menemukan nilai-nilai positif dari hal-hal yang menyakiti anda.

Gunakanlah saat-saat yang membuat anda terluka sebagai suatu cambukan untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijaksana di masa depan.  Manfaatkanlah saat-saat anda merasakan sakit hati ini untuk menjadi motivasi agar lebih sukses di masa depan.

6.  Bersosialisasi

Rasa sakit hati bisa lebih mudah hilang apabila anda meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain daripada hanya diam dan duduk bersedih di rumah.  Oleh karena itu, cobalah untuk membuka diri pada orang lain dan ceritakanlah rasa sakit dalam diri anda pada orang-orang terdekat.  Anda pasti akan merasa jauh lebih baik jika sudah melakukan hal ini.

Dengan bersosialisasi, pikiran dan wawasan kita juga akan lebih terbuka.  Kita tidak akan melulu terfokus pada hal-hal yang menyebabkan kegalauan dan kegusaran dalam hati.  Oleh karena itu, jangan ragu untuk bersosialisasi jika anda merasa sakit hati.

5,  Konsumsi coklat

Coklat terbukti sebagai salah satu bahan makanan yang memberikan energi positif dan biasa dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang sedih, stres, tertekan, dan depresi.  Ini karena coklat mengandung banyak vitamin, kalori, kafein, dan anti oksidan yang bisa membuat diri anda seolah-olah dialiri energi hangat ketika mengonsumsinya.

Sepanjang tidak dilakukan secara berlebihan, mengonsumsi coklat sangat menyehatkan tubuh dan juga jiwa. Selain coklat batangan yang umum dijual, anda bisa juga meminum segelas coklat hangat sehabis mandi untuk mengusir jauh-jauh rasa sakit hati.

4.  Senangkan hati anda

Kebahagiaan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengobati rasa sakit hati.  Jika anda ingin hati yang terluka lekas sembuh seperti sedia kala, cobalah untuk melakukan hal-hal yang anda sukai.  Ingat, hal-hal tersebut bisa berupa hadiah untuk diri anda sendiri, dan bisa juga berupa aktivitas yang benar-benar anda senangi.

Untuk menyenangkan hati tidaklah harus selalu diikuti dengan biaya mahal.  Cara paling sederhana mungkin adalah dengan mengambil liburan satu hari untuk benar-benar rileks di rumah sambil menonton film favorit.  Anda juga bisa pergi menonton konser musik favorit, atau pergi ke restoran favorit anda.

3.  Jangan pernah mencoba untuk menyakiti diri sendiri

Prinsip yang paling penting ketika merasa sakit hati: jangan pernah untuk mencoba menyakiti diri sendiri.  Jangan terlalu menyalahkan diri anda atas semua rasa sakit yang kini anda derita.  Jangan pula mencoba menghukum diri anda, karena hal itu sama sekali tidak akan mengubah hal yang sudah terjadi dan justru bisa menambah derita yang anda alami.

Ingat, anda tidak sendirian di dunia ini.  Jika anda merasa rasa sakit hati yang dialami sudah terlalu berat untuk ditanggung, cobalah untuk berdoa dan minta pertolongan pada Sang Pencipta.  Dekatkanlah diri anda pada Tuhan, dan percayalah bahwa ia bisa mengobati semua rasa sakit di hati anda.

2.  Jangan mengulang kesalahan yang sama 

Ketika pada akhirnya anda bisa mengatasi rasa sakit hati, jangan pernah masuk ke dalam keadaan yang bisa membuat anda merasakan rasa sakit yang sama.  Misalkan jika rasa sakit anda terjadi karena hubungan cinta, maka jangan ragu-ragi untuk melupakan mantan pacar anda dan tutup segala kemungkinan untuk berkomunikasi dengannya.

Jangan sampai anda terjebak pada pengalam yang tidak menyenangkan, karena jika anda merasakan lagi sakit hati karena suatu hal yang sama, hal ini akan jauh lebih menyakitkan dan bisa menimbulkan trauma.  Oleh karena itu, jangan mengulang kesalahan dan bertindaklah secara bijak.

1.  Kasihilah orang lain

Rasa sakit hati akan lebih  cepat hilang apabila kita menggunakan waktu kita untuk mengasihi dan menyayangi orang lain, dan bukan membenamkan diri dalam kesedihan atau kebencian.  Gunakanlah momen-momen ketika anda merasa sakit hati untuk membantu orang lain.  Bantu mereka dengan hal-hal sederhana, dan buat orang lain merasa bahagia.

Ketika anda berhasil membuat orang lain merasa gembira, energi positif orang tersebut akan diserap oleh diri anda.  Jika anda menerima banyak energi positif yang bersumber dari kasih sayang, cinta, tawa, dan kebahagiaan, maka rasa sakit, dendam, dan kebencian di dalam hati akan hilang dan hati anda akan sembuh secara sempurna.

Leave a Reply